Warren Buffet: Harga = Apa yang Dibayar. Nilai = Apa yang Didapat

Warren Buffet IMG
Warren Buffet

Warren Buffet adalah orang terkaya di dunia, dengan aset total hingga US $50 miliar pada 2011. Sumber utamanya berasal dari kekayaan perusahaannya Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan konglomerat bermarkas di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Filosofi nilai investasi dan kehati-hatiannya sangat berpengaruh ke seluruh dunia.

Sejarah Singkat

Buffet lahir tahun 1930, ia menjadi seorang pengusaha dan politikus di Omaha, Nebraska. Dari usia yang sangat muda, ia sudah menampilkan kualitas seorang pengusaha dan investor. Diusia belia, ia sudah dari pintu ke pintu menjual permen karet, Coca Cola dan majalah.

Di sekolah dasar, ia membeli sebuah mesin pinball dan tempatkan di sebuah toko tukang cukur. Ini begitu sukses sehingga ia memiliki beberapa mesin pinball di toko yang berbeda.

Di perguruan tinggi, ia terus melakukan banyak kegiatan yang menghasilkan uang seperti loper koran, menjual bola golf dan perangko. Pada saat ia selesai di perguruan tinggi, ia sudah memiliki $ 90.000 dalam tabungan (disesuaikan dengan kurs dolar saat ini).

Buffet bekerja di Graham Partnerships  dibawah role modelnya, Benjamin Graham. Dia menawarkan untuk bekerja di bawahnya gratis sebelumnya tapi ditolak. Buffet kemudian memulai kemitraan sendiri di kemudian hari, yang disebut Buffet Partnerships. Kemitraan ini terdiri dari beberapa perusahaan dan pada akhirnya membuatnya menjadi jutawan melalui kepemilikan saham. Buffet berinvestasi di perusahaan manufaktur tekstil Berkshire Hathaway dan akhirnya mengambil alih perusahaan tersebut.

Warren Buffet IMG
Warren Buffet

Dari perusahaan ini dia mulai menulis surat-suratnya kepada para pemegang saham. Hal itu dilakukannya terus sampai hari ini. Dari perusahaan ini, ia akan membuat banyak akuisisi bijak terhadap perusahaan seperti Washington Post, Jenderal RE, ABC dan Salomon Inc. Ini akhirnya membuatnya menjadi miliarder dengan kekayaan bersih yang luar biasa.

Prestasi dan Penghargaan

• Top money manager of the 20th century menurut survey Carson Group
• Time’s 100 Most Influential People, 2007
• Presidential Medal of Freedom, 2011
• World’s most Influential Global Thinker in Foreign Policy’s 2010 report

Pelajaran Kepemimpinan Warren Buffet

Warren Buffet mungkin adalah seorang investor yang paling sukses dalam sejarah dunia, dan salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari US $ 50 miliar.

1. Nilai Fundamental
Buffet selalu percaya pada nilai-nilai fundamental dari bisnis. Sementara dunia keuangan didorong oleh ketakutan dan keserakahan, Buffet tetap yakin dengan nilai-nilai investasi yang dianut. Ia percaya saja bahwa berinvestasi dalam saham bisnis seperti investasi secara langsung dalam bisnis. Jika bisnis bisa menguntungkan dalam jangka panjang, sahamnya juga demikian.

Di zaman kita di mana terdapat banyak hal-hal baru datang, berupa teori dan teknik manajemen, kita harus belajar untuk selalu berpijak pada prinsip-prinsip kepemimpinan dasar visi, karakter dan disiplin dan sebagainya. Sementara teori-teori dan alat-alat bisa datang dan pergi, prinsip-prinsip yang mengatur kepemimpinan selamanya akan tetap sama.

2. Hidup sederhana
Meskipun Buffet salah satu orang terkaya di dunia, ia hidup sederhana; bersepeda untuk bekerja dan hanya memiliki telepon tunggal di rumah.

Banyak pemimpin saat ini terganggu oleh ‘hal-hal’ dan harta lainnya yang mereka miliki sebagai pemimpin, begitu banyak sehingga kadang-kadang bahwa motivasi kepemimpinan dapat menjadi kabur.

Buffet menampilkan kerendahan hati yang besar dan kemurnian. Alih-alih menjadi puas atau terganggu oleh kekayaan, Warren Buffet sangat jelas, bahwa tujuannya adalah tidak hanya untuk mengumpulkan kekayaan saja.

3. Memberikan kembali
Buffet bermaksud untuk memberikan kembali 99% dari kekayaannya untuk amal melalui Gates Foundation.

Sebagai seorang pemimpin, seseorang harus mengingat tujuan nomor satu adalah kepemimpinan, tidak mengambil dari dunia, melainkan untuk menjadi aset dan nilai kepada dunia. Itu adalah sikap dari setiap pemimpin yang sukses.

Kutipan Terbaik Warren Buffet Tentang Kepemimpinan

  • Rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai mereka terlalu berat untuk dilanggar.
  • Dari milyarder yang saya kenal, uang hanya memunculkan sifat-sifat dasar mereka. Jika mereka tersentak sebelum mereka punya uang, mereka hanya tersentak dengan satu miliar dolar.
  • Hanya membeli sesuatu yang Anda sangat senangi jika pasar ditutup selama 10 tahun.
  • Hanya ketika air pasang Anda akan menemukan siapa sudah berenang telanjang.
  • Aku selalu tahu bahwa aku akan kaya. Saya tidak berpikir saya pernah meragukannya selama satu menit.
  • Investor saat ini tidak mengambil keuntungan dari pertumbuhan kemarin.
  • Kami hanya mencoba menjadi takut ketika orang lain tamak dan serakah hanya ketika orang lain takut.
  • Lebih baik bergaul dengan orang yang lebih baik dari Anda. Memilih rekan yang perilakunya lebih baik dari Anda dan Anda akan hanyut ke arah itu.
  • Blockheads membaca apa yang blockheads tulis.
  • Aku tidak melihat melompati bar 7-kaki: Saya melihat ke sekeliling untuk bar 1-kaki yang membuat saya dapat melangkah lebih.
  • Dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk merusaknya. Jika Anda berpikir tentang itu, Anda akan melakukan sesuatu yang berbeda.
  • Aturan No.1: Jangan pernah kehilangan uang. Peraturan No.2: Jangan pernah melupakan aturan No.1.
  • Jika Anda menemukan diri Anda dalam sebuah perahu bocor kronis, energi yang ditujukan untuk pembuluh yang berubah cenderung lebih produktif daripada energi yang ditujukan untuk kebocoran.
  • Sebuah jajak pendapat publik bukanlah pengganti untuk berpikir.
  • Harga adalah apa yang Anda bayar. Nilai adalah apa yang Anda dapatkan.
  • Anda hanya perlu melakukan sangat sedikit hal yang benar dalam hidup Anda selama Anda tidak melakukan terlalu banyak hal yang salah.
  • Merek premium Anda sebaiknya memberikan sesuatu yang istimewa, atau itu tidak akan mendapatkan bisnis.
  • Risiko datang dari tidak tahu apa yang Anda lakukan.
  • Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang menanam pohon sebelumnya.
  • Sekolah bisnis menghargai perilaku kompleks yang lebih sulit dari perilaku sederhana, tetapi perilaku sederhana adalah lebih efektif.
  • Anda melakukan hal-hal ketika peluang datang. Sudah beberapa periode dalam hidup saya ketika saya sudah memiliki setumpuk gagasan yang datang, dan sudah musim kering panjang. Jika saya mendapatkan ide minggu depan, saya akan melakukan sesuatu. Jika tidak, saya tidak akan melakukan apa-apa.
  • Ketika Anda menggabungkan kebodohan dan pengaruh, Anda mendapatkan beberapa hasil yang cukup menarik.
  • Ini jauh lebih baik untuk membeli perusahaan yang menakjubkan di harga yang wajar dari sebuah perusahaan wajar pada harga yang luar biasa.

 

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*