Steve Jobs: Inovasi Membedakan antara Pemimpin dan Pengikut

Steve Jobs IMG
Steve Jobs
Steve Jobs IMG
Steve Jobs

Steve Jobs adalah Ketua dan CEO dari Apple Inc dan bisa dibilang salah satu pengusaha Komputer dunia yang paling sukses saat ini. Dia mendirikan Apple pada 1970-an, sempat diusir oleh dewan direksi sendiri, tapi akhirnya kembali sebagai CEO Apple. Sejak itu, ia telah merevolusi industri TI dengan ciptaan-Nya seperti MacBook, iPod dan iPhone. Sejak kembali, ia telah membawa Apple Computers Inc dari perusahaan biasa (fledging) menjadi kekuatan global yang harus diperhitungkan.

Sejarah Singkat

Steve Jobs lahir di San Francisco pada 24Feburary 1955. Dia adalah seorang anak angkat dari pasangan Jobs dari California.

Waktu luangnya diisi dengan kuliah di Sekolah Tinggi Homestead di California sambil bekerja di Hewlett-Packard Company. Di sanalah akhirnya ia bertemu pasangannya, Steve Wozniak. Jobs pada awalnya bekerja di Atari sebagai teknisi papan sirkuit. Pada 1976, ia memulai perusahaan Apple Inc dan Steve adanya miliuner yang mau berinvestasi ke perusahaannya. Pada tahun 1984, ia mengembangkan Macintosh, yang merupakan komputer kecil pertama. Dari situ ia berjanji untuk merevolusi industri PC secara keseluruhan.

Namun, keputusan bisnis yang buruk dan ketidakcocokan internal dengan CEO-nya pada akhirnya menyebabkan Jobs untuk meninggalkan perusahaannya sendiri. Dia melanjutkan untuk memulai dua perusahaan lain; NeXT dan Pixar. Pixar kemudian diakuisisi oleh Perusahaan Disney dan NeXT diakuisisi oleh Komputer Apple- Inc, perusahaannya sendiri. Dengan akuisisi tersebut, ia kembali ke Apple Inc pada tahun 1996 sebagai CEO sementara. Sejak saat itu, Komputer Apple mulai mengalami kenaikan lagi seperti iMac yang mereka dikembangkan.

IPod dan iPhone yang terkenal kemudian dikembangkan juga dan merevolusi industri seluruh pemain handphone dan MP3. Di bawah kepemimpinannya, Apple Komputer Inc menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

Pada tahun 2009, Jobs memiliki kekayaan bersih pribadi sebesar $ 5,1 miliar. Namun karena kebutuhan untuk transplantasi hati, Jobs beristirahat dari pekerjaannya sejak Januari 2009.

Penghargaan dan Prestasi

1. Pria paling berpengaruh dalam bisnis oleh Fortune Magazine pada tahun 2007
2. Nasional Medal of Technology pada tahun 1985
3. Samuel S. Beard Award pada 1987

Pelajaran Kepemimpinan Steve Jobs

1.Persistence adalah kunci
Steve Jobs adalah orang yang sangat gigih, ia keluar dari Apple. Dia tidak pernah menyerah, ia pergi untuk memulai komputer NeXT yang akhirnya diakuisisi oleh Apple Inc Komputer. Jika Jobs seperti kebanyakan orang, dia akan menyerah dan menghabiskan sisa hidupnya yang pahit dan meratapinya sebagai sebuah kehilangan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus siap menghadapi kemunduran. Kemunduran adalah bagian dari hidup dan apakah Anda menjadi sukses atau tidak sering bergantung pada kemampuan Anda untuk tidak menyerah.

2. Kepemimpinan membawa inovasi
Jobs melihat kekuatan inovasi dalam membangun perusahaannya. Sampai hari ini, kita dapat melihat kekuatan inovasi dari Apple Inc Komputer karena selalu menjadi pemimpin pasar dalam industri.

Jika Anda ingin mempertahankan kepemimpinan Anda, Anda harus menjadi orang yang terus-menerus mengkreasi ide-ide baru, inisiatif baru, semua dalam semangat misi organisasi Anda untuk bergerak maju. Dalam industri apa pun Anda berada, inovasi terus-menerus Anda sejalan dengan misi Anda akan membuat Anda maju ke depan.

Kutipan Terbaik Steve Jobs Tentang Kepemimpinan

  • Butuh tiga tahun kami membangun komputer NeXT. Jika kita telah memberikan pelanggan apa yang mereka ingin, kita harus membangun sebuah komputer setahun setelah kami berbicara kepada mereka – bukan sesuatu yang mereka ingin sekarang.
  • Banyak perusahaan telah memilih untuk berhemat, dan mungkin itu adalah hal tepat bagi mereka. Kami memilih jalan yang berbeda. Keyakinan kami adalah bahwa jika kita terus menempatkan produk yang hebat di depan pelanggan, mereka akan terus membuka dompet mereka.
  • Kadang-kadang ketika Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan. Cara terbaik adalah mengakui dengan cepat, dan melanjutkan dengan meningkatkan inovasi lain.
  • Anda tidak bisa hanya meminta pelanggan apa yang mereka inginkan dan kemudian mencoba untuk memberikan yang kepada mereka. Pada saat Anda dapat memberinya, mereka akan ingin sesuatu yang baru.
  • Saya ingin menempatkan ding di alam semesta.
  • Desain tidak hanya apa yang tampak seperti dan terasa seperti. Desain adalah cara kerjanya.
  • Cukup banyak, Apple dan Dell adalah satu-satunya di industri ini yang menghasilkan uang. Mereka membuatnya dengan menjadi Wal-Mart. Kami membuatnya dengan inovasi.
  • Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut.
  • Orang-orang yang melakukan pekerjaan adalah kekuatan penggerak dibalik Macintosh. Pekerjaan saya adalah untuk menciptakan ruang bagi mereka, untuk membersihkan sisa organisasi dan menyimpannya di teluk.
  • Untuk mengubah ide-ide benar-benar menarik dan teknologi yang masih muda menjadi perusahaan yang dapat terus berinovasi selama bertahun-tahun, itu membutuhkan banyak disiplin ilmu.
  • Jadilah tolok ukur kualitas. Beberapa orang tidak terbiasa dengan lingkungan di mana keunggulan yang diharapkan.
  • Saya pikir kita bersenang-senang. Saya pikir pelanggan kami benar-benar menyukai produk kami. Dan kami selalu berusaha untuk berbuat lebih baik.
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*