Sabino Acquaviva: Kematian dan Pengalaman Religius

Sabino Acquaviva IMG
Sabino Acquaviva
Sabino Acquaviva IMG
Sabino Acquaviva

Sabino Acquaviva adalah seorang dosen sosiologi di Universitas Padoue sudah lama tertarik dengan studi tentang agama. Risetnya ditujukan untuk mengolah sebuah model yang bisa diterima secara luas dan memberi dasar umum untuk mempelajari pokok permasalahan tersebut.

Menurut sang penulis studi tentang agama telah mengalami evolusi pada tahun-tahun terakhir ini. Kalau dulu orang mengukur persebaran sentimen keagamaan dengan mempergunakan frekwensi partisipasi orang dalam ritus-ritus pemujaan (kepada Tuhan), namun kini secara progresif perhatian para ilmuan berorientasi pada bukti adanya “pengalaman religius” berdasarkan observasi terhadap perilaku subjektif.

Bukunya berjudul Eros, morte ed espierenza religiosa menjadi usaha untuk mengintegrasikan kembali seluruh pendekatan tersebut. Untuk itu Sabino Acquaviva mengeksplorasi konstelasi kebutuhan-kebutuhan primer, dan mencari kombinasi yang bisa diinterpretasikan sebagai akar agama alamiah. Menurutnya eros dan ketakutan akan kematianlah yang menjadi pembentuk utamanya.

Dengan menganalisis kondisi di antara dua kekuatan mana dalam masyarakat manapun, maka sangatlah mungkin untuk mengambil penaksiran empiris pada tingkat/derajat sekularisasi. Sebuah agama yang kuat akan mengekang salah satu (kekuatan) dan memberi solusi positif terhadap (kekuatan) lainnya, sebaliknya suatu erotisme yang tersebar dan menyingkirkan (ketakutan) akan kematian pasti menunjukkan lemahnya sentimen keagamaan, jadi merupakan sekularisasi dan desakralisasi.

Keseimbangan antara eros, kematian dan pengalaman keagamaan serta kepentingan relatif sangat memberi karakteristik pada suatu masyarakat. “Agar bisa memahami profil suatu masyarakat, yaitu karakter-karakter esensialnya, pertama-tama kita harus memahami bagaimana sikapnya berkaitan dengan permasalahan cinta dan kematian, kemudian bagaimana nilai pengalaman keagamaan dan arti penting yang ditunjukkannya.

Sumber: Sosiologi, Philippe Cabin dan Jean Francois Dortier, ed, S. Eros, morte ed esperienza religiosa, Laterza, 1990.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*