Ray Kroc: Si Pencetus Visi Besar McDonald

Ray Kroc IMG
Ray Kroc
Ray Kroc IMG
Ray Kroc

Ray Kroc adalah orang sukses di balik kekaisaran makanan siap saji bernilai jutaan dolar, MacDonald. Dalam hidupnya, ia telah membangun jaringan makanan siap saji dari restoran hamburger sederhana menjadi bisnis waralaba multi-miliar dolar yang telah mencapai hampir setiap bagian dunia saat ini.

Sejarah Singkat

Ray Kroc lahir pada tahun 1902 di kota Illinois. Dia tumbuh menjadi seorang pria, dan menjadi seorang salesman antusias yang visioner.

Selama Perang Dunia I, meskipun ia masih di bawah umur, dia sempat mendaftar untuk dilatih sebagai sopir ambulans, tapi dia tidak pernah berada di garis depan karena perang berakhir selama pelatihan itu berlangsung. Setelah perang, ia bekerja dengan berbagai profesi, sebagai seorang salesman gelas kertas, seorang pianis, serta musisi di Stasiun Radio Chicago.

Ide terobosan-nya datang karena ketertarikan dengan multi-mixer di dapur restoran. Dia melihat potensi besar di restoran ‘hamburger McDonald saat mengaduk-aduk burger searah arah jarum jam. Kemudian ia menyarankan dilakukannya ekspansi ke restoran dan mengajukan diri menjadi volunteer untuk memperluas rantai restoran. Dia melihat potensi besar dalam konsepnya yang tidak dilakukan oleh McDonald saat itu.

Pada akhirnya ia membeli restoran dari pemilik McDonald seharga $ 2,7 juta. Ray Kroc kemudian merevolusi industri makan dengan menciptakan metode perakitan penjualan burger nya yang akan dibakukan di seluruh dunia. Di tahun 1963, McDonald mampu menjual 1 miliar burger dan membuka restoran ke 500 nya.

Pada akhir hidupnya pada tahun 1984, Ray Kroc mengumpulkan kekayaan pribadi sebesar $ 500 juta, dan pada tahun 2007, McDonald Corporation yang didirikan telah mencapai pendapatan sebesar $ 22 miliar.

Penghargaan dan Prestasi

1.Time 100: Orang Paling Berpengaruh Abad ini
2 Ray Kroc Award, suatu penghargaan yang diberikan kepada manajer puncak MacDonald.

Pelajaran Kepemimpinan

1. Memiliki visi besar
Ketika Ray Kroc pertama kali melihat multi-mixer di restoran McDonald Bruder, ia membayangkan 8 dari restoran berputar keluar dari burger yang segera menghasilkan aliran uang tunai.

Pemimpin adalah orang yang punya visi dan ketika mereka melihat sebuah situasi tertentu, mereka melihat potensinya. Mereka melihat apa hal-hal bisa terjadi. Anda harus memiliki visi sebagai seorang pemimpin juga; untuk berpikir tentang berbagai kemungkinan.

2. Komitmen untuk Keunggulan
Ray Kroc memiliki obsesi untuk kebersihan di restoran dan dia tahu setiap detail sudut di restoran tersebut. Dia mengharapkan bahwa setiap karyawan melakukan yang terbaik setiap selama berkarya.

Ciri pemimpin besar adalah: berkomitmen untuk setiap detail rencana dan kegiatan Anda dan seterusnya. Komitmen Anda untuk hal ini adalah komitmen Anda pada keunggulan dan itu akan membuat Anda memiliki takik di atas pesaing Anda.

Terlebih lagi, memiliki komitmen untuk keunggulan juga akan memaksa pengikut Anda untuk hidup dengan standar yang sama seperti Anda. Bila Anda menetapkan standar dengan contoh pribadi Anda, Anda dapat mengharapkan untuk membangun sebuah organisasi yang besar.

Kutipan Terbaik Ray Kroc Tentang Kepemimpinan

  • Keberuntungan adalah dividen keringat. Semakin banyak Anda berkeringat, keberuntungan yang akan Anda dapatkan.
  • Dua persyaratan yang paling penting bagi keberhasilan utama adalah: pertama, berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dan kedua, melakukan sesuatu tentang hal itu.
  • Semua uang yang berarti bagi saya adalah suatu kebanggaan dalam pemenuhan.
  • Kami menjalankan bisnis hamburger lebih serius daripada orang lain.
  • Ketika Anda hijau, Anda tumbuh. Ketika Anda matang, Anda membusuk.
  • Walau sekolah formal merupakan suatu keunggulan, namun itu bukan jaminan keberhasilan atau ketiadaan suatu kesalahan yang fatal.
  • Kau hanya baik sebagaimana orang-orang yang Anda pekerjakan.
  • Kualitas seorang pemimpin tercermin dalam standar yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri.
  • Adalah mudah untuk memiliki prinsip-prinsip ketika Anda kaya. Yang penting adalah memiliki prinsip ketika Anda miskin.
  • Kreativitas adalah kata muluk-muluk untuk pekerjaan yang harus saya lakukan antara sekarang dan Selasa.
  • Jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda tidak akan pernah berhasil, tapi jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan Anda selalu menempatkan pelanggan sebagai yang utaama, kesuksesan akan menjadi milikmu.
  • Jika Anda bukan seorang pengambil resiko, Anda harus keluar dari neraka bisnis.
  • Tak satu pun dari kita adalah baik sebagaimana Kita Semua baik.
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

1 Comment

  1. pendiri Mcdonald Ray Kroc bisa menjadi panutan biar bisa menjadi orang yang sukses. beliau belajar dari hal yang kecil hingga beliau bisa sukses dan memiliki restoran makanan siap saji yang sekarang ini sangat terkenal di dunia..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*