Peter M. Blau dan Richard W. Scott

Peter M. Blau IMG
Peter M. Blau

Peter M. Blau

Peter M. Blau lahir di Vienna, Austria, tahun 1918. Ia datang ke Amerika Serikat pada tahun 1939, kemudian memperoleh gelar Ph.D dari Collumbia University tahun 1952. Ia juga memperoleh gelar profesor dari berbagai universitas dalam bidang sosiologi. Kepakaran Blau dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat, ia diangkat sebagai staf ahli pada US Army Intellegence. Blau menulis lebih dari 20 buku tentang birokrasi, organisasi dan lainnya. Buku yang ditulis oleh Blau antara lain:

  • 1964: Exchange and Power in Social Life
  • 1967: The American Occupational Structure
  • 1970: A Formal Theory of Differentiation in Organisations
  • 1977: Inequality and Heterogeneity: a primitive theory of social structure

1984: Crosscutting Social Circles: Testing a Macrostructural Theory of Intergroup Relations, with Joseph E. Schwarz

Teori Pertukaran Peter Blau

Teori pertukaran sosial melihat antara perilaku dengan lingkungan terdapat hubungan yang saling mempengaruhi (reciprocal). Dalam hubungan tersebut terdapat unsur imbalan (reward), pengorbanan (cost) dan keuntungan (profit). Teori Pertukaran (exchange theory) adalah bagian dari paradigma perilaku social.  Paradigma perilaku sosial memusatkan perhatiannya kepada antar hubungan antara  individu dan lingkungannya.

Tujuan Peter Blau adalah untuk “memahami struktur sosial berdasarkan analisis proses sosial yang mempengaruhi hubungan antara individu dan kelompok.

Blau memusatkan perhatian pada proses pertukaran yang menurutnya mengatur kebanyakan perilaku manusia dan melandasi hubungan antar individu maupun antar kelompok.

Blau membayangkan empat langkah berurutan, mulai dari pertukaran antara pribadi ke struktur sosial, hingga ke perubahan sosial:

Langkah 1: Pertukaran atau transaksi individu yang meningkat ke

Langkah 2: Diferensiasi status dan kekuasaan yang mengarah ke

Langkah 3: Legitimasi dan pengorganisasian yang menyebabkan

Langkah 4: Oposisi dan perubahan.

Konsep pertukaran sosial Blau, terbatas pada tindakan yang tergantung pada reaksi pemberian hadiah dari orang lain –tindakan yang segera berhenti bila reaksi yang diharapkan tidak kunjung datang.

Hadiah yang dipertukarkan dapat berupa sesuatu yang bersifat intrinsik atau sesuatu yang bernilai ekstrinsik. Bila terjadi ketimpangan dalam pertukaran, maka akan timbul perbedaan kekuasaan dalam satu kelompok.

Menurut Blau mekanisme yang menengahi antara struktur sosial yang kompleks adalah norma dan nilai (konsensus nilai) yang ada dalam masyarakat.

Richard W. Scott

Richard W. Scott memperoleh gelar Ph.D dari University of Chiqago tahun 1961, dan selanjutnya ia dianugerahi gelar profesor oleh Stanford University dalam bidang sosiologi. Scott melakukan studi terhadap evolusi dalam organisasi pelayanan kesehatan di San Fransisco Bay Area sejak Perang Dunia II hingga kini.

Blau dan Scott dianggap memiliki kontribusi dalam teori organisasi khususnya teori modern karena karya mereka dalam bentuk buku dengan judul Formal Organizations, yang dipublikasikan tahun 1962. Analisis sosiologis dilakukan oleh mereka berdua dalam rangka melihat berbagai persoalan utama yang terjadi dalam hidup organisasi.

Dalam pengantar buku ini Blau dan Scott menyebutkan sebagai berikut:

 This books present a sosiolocal analyisis of some of the main facet of organization life. We shall examine the nature and types of formal organization the conection between them and the larger social context of wich they are part, and various aspect of their internal structure, such as peer group and hierarchical relations in organizations procesess of communication, management and impersonal mechanism of control…

 Buku tersebut secara teoritis melakukan generalisasi untuk menolong dan menjelaskan struktur dan dinamika organisasi dengan melakukan studi komparatif lewat pembandingan terhadap organisasi-organisasi yang mentranformasikan konsep-konsepnya, kemudian menjalankannya.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*