Pandangan Niccolo Machiavelli Tentang Kepemimpinan

Machiavelli IMG
Machiavelli
Machiavelli IMG
Machiavelli

Machiavelli adalah seorang penulis dan negarawan Italia, patriot Florence abad ke-15. Dia membuat sebuah kutipan tentang kepemimpinan modern sebagai berikut:  Saya tidak tertarik dalam melestarikan status quo, saya ingin menggulingkannya.

Seorang pemimpin biasanya benar-benar tertarik untuk mengetahui norma atau budaya setempat. Dari situ, mereka biasanya hidup dari nilai-nilai dan keyakinan mereka sendiri daripada mencoba untuk menyesuaikan diri dengan apa yang dikatakan orang di sekitar mereka.

Pemimpin terkadang ingin menggulingkan status quo karena mereka menemukan bahwa itu adalah tidak menguntungkan atau bahkan merugikan orang di sekitar mereka, ini adalah pemimpin yang baik. Tentu saja ada orang-orang yang ingin menggulingkan status quo hanya untuk kepentingan, itu adalah bukan pemimpin, mereka adalah pemberontak tanpa sebab.

Status quo menjadi ini atau itu sebagai akibat dari tindakan lain pemimpin. Sebagai contoh, di Singapura, status quo adalah untuk belajar keras, mendapatkan pekerjaan yang baik dan memiliki kehidupan yang baik dan aman. Ini karena model ini diperlukan untuk membawa negara Singapura dari sebuah negara dunia ketiga ke negara dunia pertama. Namun, sekarang ada hal yang perlu berubah karena Singapura memandang perlu untuk lebih banyak orang lagi untuk menantang apa yang bisa dan menjadi lebih dalam kewirausahaan.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus tahu bahwa budaya di sekitar Anda adalah dibentuk oleh keyakinan kolektif dari orang-orang dalam budaya tersebut. Anda harus tajam untuk menemukan kelemahan dalam budaya tersebut dan seperti apa yang dikatakan Machiavelli, siap untuk menggulingkan keadaan status quo!

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*