Pandangan Steve Jobs Tentang Kepemimpinan

Steve.Jobs
Steve.Jobs
Steve.Jobs
Steve.Jobs

Steve Jobs dikenal sebagai CEO fenomenal ketika memimpin Apple, yang kini termasuk perusahaan paling kaya di dunia. Di bawah kepemimpinannya, Apple menelurkan gadget ikonik seperti iPod, iPhone sampai iPad. Beberapa pandangan kepemimpinan yang bisa diambil dari seorang Steve Jobs, seperti dikutip Dailyfinance, antara lain fokus, kesederhanaan, bertanggungjawab penuh, mengejar, produk bagus, dan memotivasi.

Kembali menahkodai Apple pertenganan tahun 1990-an, Ia menghadapi tugas untuk memulihkan perusahaan yang hampir bangkrut. Dia memfokuskan strategi bisnis dengan membuang produk yang dinilai tidak menjanjikan seperti printer. Apple fokus ke bidang komputer dan perangkat portabel yang terbukti sukses. Jobs dikenal suka dengan hal minimalis dan kesederhanaan. Ini terpancar dari desain di gadget Apple yang minimalis. Bersama kepala desain Jonathan Ive, Jobs meminta sekrup dan tombol di gadget Apple diminimalisir. Jobs meminta pula user interface di iPod bisa melakukan tugas dalam tiga kali klik. Alhasil penggunaan produk Apple dikenal tidak kompleks.

Jobs dikenal suka mengontrol segala sesuatu. Apple pun bertanggungjawab terhadap seluruh user experience pengguna gadgetnya. Dari hardware sampai konten, Apple mengurusi semuanya. Hal ini cukup kontras dengan perusahaan lain yang mungkin tidak mengurus seluruh pengalaman pemakaian user.

Apple tidak selalu berada di depan, namun mereka mampu mengejar dan melebihi pemimpin industri. Contohnya kasus komputer iMac original yang tidak bisa melakukan burn CD. Sebagai kompensasi, Apple menciptakan iTunes Store yang terbukti revolusioner. Jobs kemudian melihat smartphone bisa jadi ancaman iPod karena dapat memutar musik. Karena itu ia menciptakan iPhone. Ya, iPhone mungkin mengkanibalisasi iPod, namun Jobs punya alasan sendiri. “Jika kami tak mengkanibalisasi diri sendiri, orang lain akan melakukannya.

Jobs punya sifat ‘reality distortion field’, di mana dia bisa memotivasi orang di sekitarnya menembus batas dan melampaui apa yang mereka anggap mustahil. Banyak kejadian membuktikan bahwa dia motivator ulung. Kala Jobs mendekati perusahaan Corning untuk memakai Gorilla Glass di iPhone, CEO Wendell Weeks menyatakan ia tidak dapat memproduksi kaca yang cukup dalam waktu 6 bulan sesuai permintaan Jobs. Jobs menyatakan “Jangan takut. Ya, Anda dapat melakukannya. Pikirkan bagaimana caranya. Ya, Anda bisa melakukan itu,”. Akhirnya, Corning dapat memproduksi cukup Gorilla Glass kurang dari 6 bulan.

Pemimpin tahu bahwa mereka dapat mengontrol masa depan mereka. Mereka tahu bahwa jika mereka tidak memutuskan apa yang mereka inginkan dalam hidup, orang lain akan memberitahu mereka apa yang harus mereka inginkan. Sperti yang disebutkan Steve Jobs “Jika kami tak mengkanibalisasi diri sendiri, orang lain akan melakukannya.”

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*