Menangani Konflik di Tempat Kerja

Conflict IMG
Conflict
Conflict IMG
Conflict

Konflik di tempat kerja adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Banyak pemimpin mungkin mencoba untuk menghindarinya tetapi sebenarnya tidak bisa dihindari. Dalam sebuah artikel Five Keys To Dealing With Workplace Conflict di Forbes.com, Mike Myatt mengatakan bahwa kemampuan untuk mengenali konflik, memahami sifat konflik, dan hanya menjalani sebuah resolusi konflik saja yang dapat dilakukan sebagai seorang pemimpin. Masih menurutnya kegagalan untuk menangani konflik secara efektif bisa menjadi penyebab kejatuhan seorang pemimpin. Etos dari Myatt adalah jangan takut terhadap konflik; menerimanya-sebab itu pekerjaan Anda. Penulis memperingatkan bahwa menyembunyikan, menghindari atau mengabaikan konflik kemungkinan akan fatal karena akan tumbuh menjadi kebencian, menciptakan penarikan atau menyebabkan pertikaian antar faksi dalam sebuah organisasi.”

Myatt mengidentifikasi dua akar penyebab konflik adalah komunikasi yang buruk dan ketidakmampuan untuk mengendalikan emosi. Pada umumnya orang cenderung memanjakan emosi mereka daripada melindungi masa depan mereka. Ketika pemimpin menemui terjadinya konflik yang telah menahun, katanya, mereka segera akan mengenali bahwa kebanyakan terjadi karena kurangnya informasi, baik itu informasi yang buruk atau salah informasi. Myatt mengatakan ia telah menyaksikan bahwa jika seorang eksekuti tidak cerdas maka mereka kesulitan mencapai misi mereka.

Myatt memberikan lima tips untuk menangani konflik di tempat kerja secara efektif:

1) Menentukan perilaku yang dapat diterima. Buat kerangka kerja untuk pengambilan keputusan, menerbitkan pernyataan delegasi wewenang dan jelas mendefinisikan uraian tugas dan rantai komando untuk komunikasi efektif.

2) Penanganan konflik secara langsung. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Petakan wilayah konflik potensial-masuklah secara proaktif dengan cara menghentikan masalah yang terjadi.

3) Memahami faktor ‘apa untungnya bagi saya’. Ini adalah sangat penting untuk memahami motivasi orang lain sebelum menimbang dalam menghampiri konflik dari perspektif mengambil tindakan yang terbaik akan membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Hambatan selalu muncul di setiap penyelesaian konflik.

4) Faktor penting. Meskipun konflik tidak bisa dihindari, namun tidak perlu menciptakan masalah yang tidak perlu. Tangani saja isu-isu penting.

5) Lihat konflik sebagai peluang. Dimana perbedaan pendapat terjadi, ada potensi untuk pengembangan. “Para pemimpin cerdas melihat secara berbeda terhadap semua perbedaan pendapat,” kata Myatt.

Artikel terkait10 tips and tactics for dealing with conflict

Sumber: http://www.forbes.com/sites/mikemyatt/2012/02/22/5-keys-to-dealing-with-workplace-conflict/

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*