Kepemimpinan

Kepemimpinan menurut Wikipedia adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Jadi kepemimpinan dari sisi manajemen adalah suatu proses di mana seorang eksekutif dapat mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain menuju pencapaian tujuan tertentu dalam situasi tertentu.

Kepemimpinan adalah kemampuan seorang manajer untuk mendorong bawahan untuk bekerja dengan percaya diri dan bersemangat.

Kepemimpinan adalah potensi untuk mempengaruhi perilaku orang lain. Hal ini juga didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi kelompok menuju terwujudnya tujuan. Pemimpin yang dibutuhkan untuk mengembangkan visi masa depan, dan untuk memotivasi para anggota organisasi untuk ingin mencapai visi.

Menurut Keith Davis kepemimpinan adalah kemampuan untuk membujuk orang lain untuk mencari tujuan yang telah ditetapkan secara antusias. Ini adalah faktor manusia yang mengikat kelompok bersama-sama dan memotivasi ke arah tujuan.

Sementara Peter Drucker, melihat pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah berpikir berdasar misi organisasi, mendefinisikannya dan menegakkannya, secara jelas dan nyata. Drucker memberi batasan mengenai faktor manusia tersebut dalam batasan yang jelas yakni efektifitas.

Leader IMG

Leader

Karakteristik Kepemimpinan 

Karakteristik kepemimpinan menyangkut proses inter-personal di mana seorang manajer dalam mempengaruhi dan membimbing para pekerja menuju pencapaian tujuan.

Kepemimpinan menunjukkan beberapa kualitas untuk hadir pada seseorang yang meliputi kecerdasan, kematangan dan kepribadian.

Kepemimpinan adalah proses kelompok. Ini melibatkan dua orang atau lebih berinteraksi satu sama lain.

Seorang pemimpin yang terlibat dalam membentuk dan wujud perilaku kelompok menuju pencapaian tujuan organisasi.

Kepemimpinan adalah situasi terikat. Tidak ada gaya kepemimpinan terbaik. Tergantung pada kemampuan mengatasi situasi.

Banyak teori kepemimpinan yang berbeda telah muncul, sebagian besar dapat digolongkan sebagai salah satu dari delapan jenis utama.

Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Tagged with: , , , , ,
Posted in Teori Kepemimpinan
2 comments on “Kepemimpinan
  1. Ulien Nuha says:

    Artikel yang dapat memberikan inspirasi bagi para calon pemimpin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Popular Post