Kepemimpinan Sun Tzu

Sun Tzu
Sun Tzu
Sun Tzu
Sun Tzu

Sun Tzu adalah seorang komandan militer kuno dan ahli strategi dari Cina. Ia paling terkenal karena karyanya, Seni Perang Sun Tzu. Hingga saat ini, karya-karyanya masih digunakan dalam peperangan militer dan manajemen bisnis.

Sejarah Singkat

Tempat kelahiran Sun Tzu telah diperdebatkan oleh banyak ahli, tetapi umumnya sepakat bahwa ia tinggal di suatu tempat di tahun 722-481 SM. Ia menjabat di bawah Raja Wu, Raja Helu.

Kemenangannya di medan perang telah menginspirasi dia untuk menulis bukunya yang terkenal, Sun Tzu Art of War. Salah satu kemenangan yang terkenal adalah melawan kekuatan Chu, dalam pertempuran Boju, di mana ia mengalahkan musuhnya melalui penggunaan taktik efektif dari penipuan. Salah satu ceritanya lebih dikenal dari Shiji adalah tentang bagaimana dia melatih 180 selir Raja menjadi pejabat. Karena dua selir Raja suka menolak untuk mematuhi perintah, ia kemudian memerintahkan agar mereka dieksekusi, banyak yang protes kepada raja. Namun setelah eksekusi, seluruh kerajaan mematuhi perintah-Nya dengan sempurna. Seperti demikian temperamen umum Sun Tzu.

Pelajaran Kepemimpinan Sun Tzu

1.Kenali dirimu sendiri Sun Tzu percaya sangat mendalam pentingnya mengetahui diri sendiri dan musuh. Dia percaya bahwa jika kedua dapat dicapai, orang bisa mencapai kemenangan yang sempurna.

Itu berlaku untuk setiap pemimpin. Para pemimpin yang baik tahu diri dengan baik, mereka memahami kekuatan mereka sendiri dan lebih penting lagi kelemahan mereka. Mereka mengimbangi dengan membangun sebuah tim di sekitar itu. Dan tentu saja, jika Anda dapat memahami kekuatan pesaing Anda dan kelemahan dan bermain untuk mereka, akan menjadi seperti Sun Tzu katakan, seratus pertempuran, seratus kemenangan. 2.Aktifitas penggunaan jebakan Dalam perang, Sun Tzu percaya bahwa penggunaan penipuan adalah penting untuk membuang musuh. Dia tahu bahwa jika musuh memiliki informasi palsu, hal itu akan memberinya elemen kejutan dan serangan pertama. Pengetahuan ini akan berguna bagi Anda jika Anda seorang pemimpin bisnis dalam industri yang kompetitif. Ada banyak literatur yang ditulis tentang bagaimana Anda dapat menggunakan prinsip ini untuk mengakali pesaing Anda dalam bidang bisnis dengan menggunakan dengan cerdik dan licik.

Kutipan Terbaik Sun Tzu Tentang Kepemimpinan

  • Operasi rahasia adalah yang terpenting dalam perang; atas mereka tentara bergantung untuk membuat setiap gerakan.
  • Tak terkalahkan berada dalam pertahanan; kemungkinan kemenangan dalam serangan itu.
  • Hanya penguasa yang tercerahkan dan jenderal yang bijak akan menggunakan kecerdasan tertinggi tentara untuk tujuan mata-mata, dan dengan demikian mereka mencapai hasil yang bagus.
  • Tahu diri-Mu, tahu musuh-Mu. Seribu pertempuran, seribu kemenangan.
  • Jenderal yang mengingini kemajuan tanpa ketenaran dan retret tanpa takut aib, yang hanya berpikir untuk melindungi negaranya dan melakukan pelayanan yang baik bagi kedaulatan, adalah permata kerajaan.
  • Kualitas keputusan adalah seperti kejadian baik pada waktunya dari elang yang memungkinkan untuk menyerang dan menghancurkan korbannya.
  • Majikan terampil akan mempekerjakan orang bijak, orang berani, orang serakah, dan orang bodoh.
  • Di ketentaraan, tidak ada komandan yang lebih akrab daripada agen rahasia; semua tidak ada penghargaan yang lebih liberal daripada yang diberikan kepada agen rahasia; dari semua hal tidak ada yang lebih rahasia dari yang berkaitan dengan operasi rahasia.
  • Penguasa yang tercerahkan adalah waspada, dan umumnya yang baik adalah penuh dengan kehati-hatian.
  • Seni tertinggi perang adalah untuk menaklukkan musuh tanpa bertempur.

 

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*