Kepemimpinan Phil Jackson

Phil Jackson
Phil Jackson
Phil Jackson
Phil Jackson

Phil Jackson adalah pelatih saat Los Angeles Lakers berjaya. Jackson secara luas dianggap salah satu pelatih terbesar dalam sejarah NBA. Dari tahun 1989 sampai 1998, ia memenangkan enam gelar sebagai pelatih Chicago Bulls. Dari tahun 2000 sampai 2010, ia memenangkan lima gelar sebagai pelatih kepala LA Lakers.

Sejarah Singkat

Phil Jackson lahir dalam lingkungan Kristen yang taat. Dari usia yang sangat muda, Jackson menjalani kehidupan yang sangat ketat; TV dan menari tidak diizinkan di rumahnya. Karena itu, Jackson dan saudara-saudaranya terjun ke dunia olahraga dengan penuh semangat karena itu adalah salah satu dari beberapa kegiatan yang bisa mereka lakukan di luar rumah mereka. Jackson memiliki fisik yang baik untuk menjadi pemain basket, ia memiliki lengan panjang dan sangat baik membela diri. Dia bermain sangat bagus di tingkat perguruan tinggi dan terpantai oleh para pemandu bakat. Segera, ia direkrut oleh New York Knicks. Meskipun Jackson bukan pemain ofensif yang baik, ia dikompensasi dengan menjadi bek yang luar biasa dan popularitasnya tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

Jackson ditransfer dari Knicks untuk Nets pada tahun 1978. Dia pensiun dari bermain pada tahun 1980 setelah bermain untuk Nets selama dua musim, dan segera setelah ia masuk ke pembinaan. Dia mulai melatih klub profesional tingkat yang lebih rendah sebelum masuk ke pekerjaan pelatih profesional pertamanya di NBA dengan Chicago Bulls. Dia akan datang sebagai asisten pelatih kepala dan akhirnya mengambil posisi sebagai pelatih kepala pada tahun 1989. Karir kepelatihannya sangat sukses dengan kerja konstan dari strategi pelanggaran segitiga. Dia juga akan menjadi pelatih yang terkenal di dunia bersama pemain Michael Jordan.

Dia memenangkan enam gelar bagi Bulls sebelum sengketa yang buruk akan menyebabkan dia meninggalkan pekerjaan sebagai pelatih di sana. Setelah itu, ia bergabung dengan Lakers dan memiliki waktu yang sangat sukses di sana juga, memenangkan lima gelar dalam 10 tahun.

Pelajaran Kepemimpinan Phil Jackson

1.Teamwork
Phil Jackson sangat percaya pada kerja sama tim. Kerjanya dari system penyerangan segitiga menunjukkan pemikirannya tentang bagaimana tim harus bekerja sama, tidak memiliki satu yang ‘dimuliakan’ dengan mengorbankan yang lain. Meskipun ia memiliki karakter besar seperti Dennis Rodman atau Kobe Bryant di timnya, ia tidak pernah mengizinkan bintang-bintang ini menjadi pusat dari tim. Dia menekankan bentuk tim yang berpusat pada permainan yang menjadikannya sangat sukses di liga.

Ini adalah sama untuk semua tim. Seorang pemimpin tim yang baik tahu bagaimana menggunakan kekuatan masing-masing anggota untuk keuntungan mereka. Meskipun kadang-kadang tergoda untuk memuliakan “CEO” di atas seluruh perusahaan, penting untuk dicatat bahwa perusahaan-perusahaan terbaik di dunia tidak memiliki “Bintang”

2. Peran bermain
Phil Jackson menggunakan kekuatan peran bermain dalam praktek nya. Dikatakan bahwa dalam praktek melawan lawan penting, Jackson mengatur strategi pemainnya dengan simulasi berpakaian persis seperti lawannya sehingga pemainnya bisa membayangkan mengalahkan dan mengatasinya dalam praktek.

Sering terjadi dalam imajinasi seseorang sebelum mereka dibawa ke dalam realitas. Anda juga menggunakan kekuatan peran-bermain untuk membantu tim Anda memvisualisasikan sukses sebelum mereka benar-benar mengalaminya. Chet Holmes dalam bukunya the Ultimate Sales Machine mengatakan tentang perlunya untuk terus memainkan peran proses penjualan sehingga setiap kesalahan tunggal dapat melihat dan ditingkatkan. Peran bermain, selain hanya membantu semua orang melihat kesalahan mereka; mempersiapkan setiap orang untuk sukses.

Kutipan Terbaik Phil Jackson Tentang Kepemimpinan

  • Selalu menjaga pikiran terbuka dan hati yang penuh kasih.
  • Cinta adalah kekuatan yang menyatu semangat dan mengikat tim bersama-sama.
  • Kebijaksanaan adalah selalu melebihi kekuasaan untuk kekuatan.
  • Jika Anda bertemu Buddha di jalan, berikan dia bola.
  • Pendekatan permainan tanpa agenda yang telah ditetapkan dan Anda mungkin akan terkejut melihat usaha Anda secara keseluruhan.
  • Saya berikan tubuh dan pikiran saya, tapi saya tetap adalah jiwaku.
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*