Kepemimpinan Nelson Mandela

Nelson Mandela IMG
Nelson Mandela
Nelson Mandela IMG
Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan dan dia adalah salah satu tokoh yang paling berperan yang membantu apartheid berakhir di Afrika Selatan. Setelah masa jabatannya selesai sebagai presiden, Nelson Mandela kemudian menjadi advokat untuk berbagai organisasi hak-hak sosial dan manusia.

Sejarah Singkat

Nelson Mandela lahir di Mvezo, sebuah desa kecil di Afrika Selatan. Dia adalah orang pertama di keluarganya yang bersekolah dan di sanalah guru bahasa Inggris memberinya nama Nelson.

Aktivitas politiknya dimulai ketika Partai Nasional yang mendukung kebijakan apartheid segregasi rasial memenangkan pemilu. Dia mulai aktif berkampanye melawan kebijakan menggunakan metode anti kekerasan, yang terinspirasi dari Mahatmas Gandhi.

Namun, ketika ia mulai menyadari bahwa non kekerasan tidak akan cukup, dia mulai beralih ke perang gerilya untuk mencapai tujuannya. Amerika Serikat dianggap Mandela sebagai teroris dan menolak mereka masuk. Setelah dijalankan selama 17 bulan, Nelson Mandela akhirnya ditangkap dan dipenjarakan selama 27 tahun. Namun, menuju akhir 1980-an, ada tekanan dari masyarakat internasional dan lokal untuk pemerintah Afrika Selatan agar membebaskan Mandela. Dia akhirnya dilepaskan pada tanggal 11 Februari 1990.

Pemilu multi-rasial pertama di Afrika Selatan dimana pemberian hak memilih penuh diberikan diadakan pada tanggal 27 April 1994, organisasi Mandela memenangkan pemilu itu dan menjadi Presiden pertama kulit hitam di Afrika Selatan. Sebagai Presiden, Mandela memimpin transisi dari kekuasaan minoritas dan apartheid, ia memenangkan penghargaan internasional untuk advokasi nasional dan rekonsiliasi internasional.

Penghargaan dan Prestasi

1. Hadiah Nobel Perdamaian 1993
2. Amnesty International’s Ambassador of Conscience Award
3. Warga Kehormatan Belgrade, Serbia
4. Terdaftar sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh tahun 2004 oleh majalah Time
5. dan lebih dari 100 lebih penghargaan lainnya

Pelajaran Kepemimpinan Nelson Mandela

1. Visi Anda dalam hidup harus untuk kebaikan yang lebih besar.

Nelson Mandela melihat Afrika dimana apartheid pada akhirnya akan dihapuskan dan setiap orang akan bebas dan sederajat dimata bangsa-bangsa.

Inilah visi yang mendorong dia untuk melakukan apa yang harus ia lakukan, dan inilah visi yang berkelanjutan dia lalui hari-hari paling gelap saat di penjara sekalipun.

2. Tidak semua orang akan mendukung visi Anda.

Sebelum Nelson Mandela berhasil menghapuskan apartheid dari Afrika Selatan, ia harus menghadapi banyak penentangan dari individu dan organisasi di seluruh dunia.

Tidak peduli bagaimana yang ideal visi Anda, kenyataannya adalah bahwa visi perubahan berarti bagi masyarakat. Tidak semua orang ingin berubah karena perubahan tidak nyaman. Untuk beberapa orang, perubahan itu menyakitkan.

Meskipun saat ini semua orang tampaknya mendukung visi Nelson Mandela dan memuji dia karena prestasinya, ini tidak terjadi bertahun-tahun sebelumnya. Selama tahun-tahun awal gerakan Nelson Mandela, ia bahkan dianggap sebagai teroris oleh Amerika Serikat dan juga dilemparkan dalam penjara selama bertahun-tahun.

3. Anda perlu untuk memperjuangkan visi Anda.

Nelson Mandela menghabiskan 18 tahun penjara sebelum ia terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan. Dihadapkan dengan seperti kemunduran besar, ia tidak pernah menyerah bersama visinya.

Meskipun Anda tidak akan pernah berakhir di penjara, tetapi Anda juga harus memahami bahwa Anda akan menghadapi kemunduran seperti itu dalam hidup Anda juga. Jangan menyerah dan terus berjuang.

Kutipan Terbaik dari Nelson Mandela

  • “Seorang pemimpin yang baik dan berhati baik adalah kombinasi yang tangguh.”
  • “Setelah mendaki sebuah bukit besar, orang hanya menemukan bahwa ada lebih banyak bukit untuk didaki.”
  • “Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan di atasnya. Orang berani tidak merasa takut, tapi dia yang mengalahkan rasa takut. “
  • “Jika Anda berbicara dengan seorang pria dalam bahasa yang ia mengerti, yang masuk ke kepalanya. Jika Anda berbicara dengan dia dalam bahasanya, yang masuk ke hatinya. “
  • “Lebih baik untuk memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan ketika hal-hal baik terjadi. Anda mengambil garis depan bila ada bahaya. Maka orang akan menghargai kepemimpinan Anda. “
  • “Tidak ada gairah yang ditemukan untuk permainan kecil – dalam menyelesaikan sesuatu untuk hidup yang kurang dari yang Anda mampu hidupi.”
  • “Kami harus menggunakan waktu dengan bijaksana dan selamanya menyadari bahwa waktu selalu matang untuk melakukan yang benar.”
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*