Kepemimpinan Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew IMG
Lee Kuan Yew
Lee Kuan Yew IMG
Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew adalah orang pertama dan paling lama menjabat Perdana Menteri Singapura, dan kepemimpinannya membawa Singapura menjadi kota metropolitan yang berkembang dalam 3 dekade yang menakjubkan. Dia saat ini menjabat sebagai penasihat di pemerintahan Singapura yang menasihati para pemimpin negara tentang isu-isu nasional. Sampai saat ini, ia masih memiliki pengaruh besar di wilayah tersebut sebagai pengarah dalam pembangunan bangsa.

Sejarah Singkat

Lee Kuan Yew lahir pada tahun 1923 sebagai anak sulung dari Koon Chin Lee. Ia belajar di sekolah-sekolah top di Singapura dan melanjutkan ke sekolah Ekonomi London sebentar untuk pendidikan universitas sebelum pindah ke Cambridge di mana ia memperoleh gelar Sarjana Hukum. Dia memulai karir politiknya di bawah Partai Pro-Inggris Progresif sebagai agen pemilu. Namun, ia mulai menyadari bahwa Inggris tidak akan mendapatkan dukungan dari orang China. Karir politiknya mulai berkembang pada saat ia terlibat sebagai pengacara untuk Pelajar dan Serikat Buruh. Ia kemudian mendirikan partai oposisi People’s Action Party sebagai partai oposisi terhadap Partai Buruh.

Pada tanggal 5 Juni 1959, Lee menjadi Perdana Menteri pertama Singapura saat PAP memenangkan kursi terbanyak di majelis legislatif.

Dia mendorong untuk penggabungan dengan Malaysia tetapi integrasi terbukti terlalu banyak soal bagi kedua belah pihak dan kemudian Perdana Menteri Malaysia memutuskan bahwa Singapura harus dipisahkan dari Perhimpunan keduanya. Hal ini menjadi titik terendah kehidupan Lee dan juga titik balik bagi keberhasilan Singapura. Meskipun Lee dalam penderitaan pada saat itu, ia tidak pernah menyerah tentang visi untuk Singapura dan dia membawa Singpura sedemikian jauh dari negara dunia ke-3 menjadi kota metropolitan dunia yang utama kini.

Singapura adalah salah satu kisah sukses di dunia dan Lee adalah orang di balik keberhasilan ini. Meskipun banyak kritikus mempertanyakan gaya kepemimpinannya, sering dipandang sebagai pemimpin otokratik dan diktator, namun demikian tidak ada yang mempertanyakan keberhasilan Singapura.

Penghargaan dan Prestasi

1. Order of the Companions of Honour
2.Nobel
3. Woodrow Wilson Award untuk Pelayanan Publik

Pelajaran Kepemimpinan Lee Kuan Yew

1. Katakan saja apa adanya

Salah satu kualitas Lee paling jelas adalah bahwa dia orang yang blak-blakan dan dia mengatakan hal-hal seperti itu. Dia tidak takut untuk menjadi tumpul tentang kebenaran tertentu. Karena pendekatan ini, dia berhasil dalam memimpin.

Sebagai seorang pemimpin, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tim Anda mungkin seperti itu. Mungkin melukai beberapa orang, membuat bingung lainnya, tapi untuk membingkai sesuatu sebagaimana adanya dan memungkinkan tim Anda untuk menghadapi kenyataan bahwa  jalan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mereka katakan apa adanya. Meskipun beberapa mungkin tersinggung atau merasa tidak nyaman. Namun Anda slalu dihormati.

2. Rencanakan suksesi kepemimpinan

Lee telah merencakan suksesornya sebelum dia benar-benar mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri. Dia melihat pentingnya membangkitkan generasi berikutnya untuk memimpin bangsa. Kata pepatah, tidak ada kesuksesan tanpa pengganti. Sebagai seorang pemimpin, organisasi Anda harus melampaui Anda dan Anda harus cukup rendah hati untuk mengakui itu.

Anda harus berusaha untuk menciptakan sebuah organisasi yang dapat bertahan hidup tanpa Anda, dan itu adalah tanda keberhasilan Anda sebagai seorang pemimpin.

3. Kekuatan keuletan

Lee telah melalui masa tugasnya yang paling sulit ketika Malaysia memilih untuk memisahkan diri dari Singapura. Namun, ia tidak pernah menyerah dan ia memperkuat tekadnya dan masih percaya bahwa ia bisa mengubah Singapura dan membuatnya menjadi seperti sekarang ini.

Kutipan Terbaik Lee Kuan Yew Tentang Kepemimpinan

  • “Bahkan dari tempat tidur sakit saya, bahkan jika Anda akan menurunkan aku ke dalam kubur dan aku merasakan sesuatu yang salah, saya akan bangun.”
  • “Antara dicintai dan ditakuti, saya selalu percaya Machiavelli benar Jika tidak ada orang yang takut padaku, aku tidak berarti..”
  • “Seandainya Catherine Lim sedang menulis tentang saya dan saya bukan perdana menteri … Dia tidak akan berani, kan? Karena postur tubuh saya, tanggapan saya telah seperti bahwa tidak ada keraguan, saya akan menempatkan pada buku jari-lap debu dan menangkap Anda dalam cul de sac … Siapa saja yang memutuskan untuk membawa saya pada kebutuhan untuk memakai lap debu akan menyerah. Jika Anda pikir Anda bisa menyakitiku lebih dari yang dapat saya lakukan untuk menyakiti Anda, cobalah. Tidak ada cara lain yang dapat memerintah seorang masyarakat China. “
  • “… Jika Anda tidak bisa berpikir karena Anda tidak bisa mengunyah, cobalah pisang”, 2000. Lee menanggapi seorang reporter BBC yang menyatakan bahwa undang-undang keras Singapura (termasuk larangan permen karet) dapat melumpuhkan kreativitas rakyat “
  • “Upah yang rendah akan menarik orang-orang munafik yang berbicara manis cara mereka memperoleh kekuasaan atas nama pelayanan publik, tapi begitu menjalankan tanggung jawab mereka akan menunjukkan warna sejati mereka, dan merusak negara.”
  • “Ketika Anda berada di Singapura dan eksistensi Anda bergantung pada kinerja – kinerja yang luar biasa, lebih baik dari pesaing Anda – ketika kinerja yang menghilang karena sistem dimana kinerja seseorang telah terkikis, maka Anda telah kehilangan segalanya … saya mencoba untuk memberitahu generasi muda dan mereka mengatakan bahwa orang tua memainkan rekaman yang sama, kami telah mendengar semua itu sebelumnya saya kebetulan tahu bagaimana kita sampai di sini. dan aku tahu bagaimana kita dapat menguraikan hal itu. ” – Di satu hasil pemilihan aneh yang merusak Singapura (Straits Times, 26 April 2008)
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*