Kepemimpinan Jose Mourinho

Jose Mourinho
Jose Mourinho
Jose Mourinho
Jose Mourinho

Jose Mourinho adalah pelatih Real Madrid FC, salah satu klub sepakbola paling sukses di dunia  saat ini. Ia menuai banyak keberhasilan bersama dengan klub seperti Chelsea FC , FC Porto, dan Inter Milan serta Real Madrid kini. Dia memproklamirkan dirinya dengan julukan “The Special One“. Mourinho diakui banyak orang sebagai salah satu pelatih terbesar dalam sejarah sepak bola.

Sejarah Singkat

Jose Mourinho lahir pada tahun 1963 di Portugal. Ayahnya adalah penjaga gawang tim Portugis dan bermain di level profesional. Dari usia muda, ibunya turut mendorong dan mengajarkan kepadanya untuk menjadi sukses dalam segala usahanya. Meskipun ia dipisahkan dari ayahnya karena komitmen terhadap sepakbola, namun Mourinho selalu memiliki minat yang mendalam dalam permainan dan selalu menyaksikan pertandingan akhir pekan.

Ayahnya kemudian sangat terkesan dengan pengetahuan Mourinho terhadap setiap permainan. Ayahnya kemudian mendorongnya untuk merubah karir dari bermain menjadi pelatih. Mourinho kemudian mulai belajar mengasuh tim dan juga memperdalam pengetahuan taktis pasca permainan dengan menjadi pelatih sebuah sekolah selama beberapa tahun. Mourinho kemudian mengikuti pelatihan profesional dan ia mencari terobosan menuju karir pelatih profesional. Akhirnya dia mulai bekerja sebagai interpreter pelatih terkenal Bobby Robson. Ia mengembangkan persahabatan dengan orang itu dan mendiskusikan taktik dan strategi sepak bola dengannya. Dia mengikuti Bobby Robson di beberapa klub dari Sporting, ke FC Porto dan Barcelona.

Kesempatan pertamanya sebagai pelatih profesional datang di klub Benifica, Lisbon sebagai pengganti pelatih kepala pada September 2000. Dia memiliki keberhasilan yang cepat dalam klub itu, tapi kemudian ia diminta untuk meninggalkan klub segera setelahnya karena kepentingan pribadi manajemen. Meskipun demikian, ia malah ditarik oleh klub papan atas Portugal lainnya. Dia dipekerjakan oleh FC Porto pada 2002 menjadi pelatih kepala. Dia sangat sukses di klub dengan mengantar tim memenangkan Primeira Liga, Piala Portugal, Piala UEFA pada tahun 2003. Dia meneruskan kesuksesan yang sama di musim berikutnya.

Bertugas di Chelsea setelah itu juga luar biasa, ia membawa Chelsea untuk memenangkan enam piala dalam tiga tahun. Namun, pemilik Roman Abramovich, memecatnya karena tidak dapat memberi klub sebuah piala Champions. Ia meninggalkan klub pada tahun 2007. Setelah Chelsea, ia melatih di Inter Milan dengan keberhasilan relatif sama plus meraih piala Champions sebelum pindah ke klub saat ini, Real Madrid FC.

Pelajaran Kepemimpinan Jose Mourinho

1. Kepercayaan Diri
Mourinho memiliki keyakinan diri yang sangat kuat. Meskipun orang memandangnya sombong, namun tak dapat dipungkiri pada kenyataan bahwa ia orang yang sangat percaya pada dirinya sendiri. Dia percaya bahwa dia adalah pemenang. Itu tercermin dari kata-katanya sendiri, “The Special One“. Dilain kesempatan ia pernah mengkanter pernyataan presiden klub Real Madrid yang nota-bene adalah atasannya dengan berkata “saya perlu presiden seperti anda, dan anda butuh pelatih seperti saya”. Adalah penting untuk percaya bahwa Anda spesial, unik dan pemenang di lapangan.

2. Bermain untuk Menang
Mourinho bermain untuk menang. Satu petunjuk yang bisa kita lihat dalam hidupnya adalah dorongan konstan seorang ibu baginya untuk berhasil dalam hal-hal kecil yang dia lakukan.

Ini memberikan kita petunjuk besar tentang bagaimana membantu pengikut Anda menjadi pemenang. Mendorong mereka untuk setia dan sukses dalam tugas-tugas kecil mereka sebelum mereka melakukan tugas-tugas yang lebih besar.

3. Kerja sama
Mourinho mengatakan salah satu saran terbaik yang diberikan Sir Bobby Robson kepadanya adalah bahwa: bila Anda menang, Anda tidak perlu menganggap diri Anda sebagai tim, dan ketika Anda kalah, Anda tidak harus berpikir bahwa Anda adalah sampah.

Pada dasarnya, ini berarti bahwa meskipun Anda adalah pemimpin, Anda tidak harus membuat diri Anda adalah pusat dari tim. Hanya karena Anda sedang memimpin tim tidak membuat setiap kemenangan sebagai kredit bagi Anda dan setiap kegagalan mengalahkan Anda. Adalah penting bahwa kita belajar bahwa seluruh tim harus memperoleh kredit untuk setiap kemenangan serta bertanggung jawab atas setiap kekalahan.

Kutipan Terbaik Jose Mourinho Tentang Kepemimpinan 

  • “Kami ingin mengikuti mimpi, ya itu benar, tapi satu hal untuk mengikuti mimpi dan lain untuk mengikuti obsesi … Sebuah mimpi lebih murni daripada obsesi. Sebuah mimpi adalah tentang kebanggaan “
  • “Satu-satunya yang ingin saya katakan adalah bahwa kita adalah yang terbaik dan dalam kondisi normal kita lebih dari yang terbaik. Dalam kondisi normal kita akan menjadi juara. Dalam kondisi normal kita juga akan menjadi juara. “
  • ”Tanggung jawab ada di pundak saya, khususnya di saat tim saya menelan kekalahan. Kemenangan ada di pundak banyak orang, namun kekalahan hanya ada di pundak satu orang. Saya sudah lama berkecimpung di dunia sepakbola. Jadi, saya paham tentang hal ini.”
  • “Sepakbola itu milik semuanya dan tidak hanya untuk negara-negara top Eropa. “Memang Inggris, Spanyol, dan Italia punya kompetisi top dunia. Tapi Asia memiliki passion dan talenta. Hal yang terpenting adalah passion“.
Mourinho in Indonesia. Courtesy: http://detik.com/ IMG
Mourinho in Indonesia. Courtesy: http://detik.com/
Mourinho in Indonesia. Courtesy: http://detik.com/ IMG
Mourinho in Indonesia. Courtesy: http://detik.com/
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*