Joan Woodward: Determinan Tehnologi dan Struktur

Management and Technology IMG
Management and Technology

Joan Woodward bekerja sebagai peneliti pada South East Essex College of Technology. Penilitian terhadap seluruh perusahaan di South Essex dimulai pada tahun 1954. Woodward merupakan orang pertama yang memperhatikan determinan tehnologi dan struktur. Dalam penilitiannya, Woodward berfokus pada tehnologi produksi struktur organisasi dan tingkatan tehnologi, secara meyakinkan menunjukkan bahwa tidak ada cara terbaik untuk mengorganisasi suatu bisnis dan bahwa bentuk organisasi berdasarkan prinsip klasik, yang menekankan kesatuan perintah, hirarki, dan kejelasan struktur, dalam kenyataannya jarang dipraktekkan oleh perusahaan yang sukses. Penilitiannya merupakan usaha besar pertama yang melihat struktur organisasi dari perspektif tehnologi yang menghasilkan karya dengan judul Management and Technology yang dipublikasikan tahun 1958 dan Industrial Organization: Theory and Practice, tahun 1965.

Penyelidikan Woodward memperlihatkan adanya hubungan antara tehnologi, struktur, dan keefektifan. Perusahaan yang kurang lebih mendekati struktur yang khas bagi tehnologi adalah yang paling efektif. Perusahaan yang menyimpang dari struktur ideal mereka adalah yang kurang berhasil. Oleh karenanya Woodward menyatakan bahwa keefektifan adalah fungsi dari suatu kesesuaian tehnologi-struktur yang tepat. Organisasi yang mengembangkan struktur yang sesuai dengan tehnologi adalah yang paling berhasil dibandingkan dengan yang tidak mengembangkannya sesuai dengan tehnologi.

Woodward juga berhasil menjelaskan perbedaan antara temuannya dan petunjuk klasik dari para teoritikus manajemen. Prinsip ini didasarkan atas pengalaman para teoritikus tersebut dengan organisasi yang menggunakan tehnologi mass-production. Perusahaan mass-production memililki garis wewenang yang jelas, formalisasi yang tinggi, proporsi kerja terampil yang rendah yang dicapai melalui suatu pembagian kerja yang tinggi, rentang kendali yang lebar pada tingkat supervisor, dan pengambilan keputusan yang tersentralisasi. Tetapi karena semua organisasi tidak menggunakan tehnologi massproduction, prinsip demikian tidak bersifat umum. Dengan demikian penilitian dari Woodward menjadi pertanda awal dari berakhirnya pandangan bahwa ada prinsip universal tentang manajemen dan organisasi. Karyanya mewakili transisi awal para pakar teori organisasi dari perspektif prinsip kepada teori kontingensi tentang organisasi.

Iktisar Karya Woodward dalam hubungan antara kompleksitas tehnologi dan struktur terlihat dalam tabel sebagai berikut:

Karakteristik StrukturalJumlah tingkat vertikal

Rentang kendali supervisor

Rasio manajer/total pegawai

Proporsi pegawai terampil

Komponen keseluruhan

 

 

 

 

Formalisasi

Sentralisasi

Rendah ke Tinggi

Tehnologi

Produksi Produksi Produksi

Unit                    Massal                 Proses

3                                 4                               6

24                              48                            14

1:23                         1:16                     1:8

Tinggi                  Rendah                     Tinggi

Rendah                   Tinggi                  Rendah

Rendah                    Tinggi                 Rendah

Rendah                      Tinggi               Rendah

 

Tabel ini merupakan sebuah analisis yang cermat dari Woodward untuk setiap kategori pada skala tehnologi (unit, mass, process) dan untuk setiap komponen strukutural, terdapat kisaran (range) yang optimal disekitar titik median yang mencakup posisi perusahaan yang lebih efektif. Artinya, pada setiap kategori tehnologi, perusahaan yang paling sesuai dengan angka median untuk setiap komponen struktural adalah yang paling efektif. Kesimpulan Woodward dari tabel diatas adalah; pertama, adanya hubungan yang jelas antara klasifikasi tehnologi dengan struktur selanjutnya dari sebuah perusahaan. Kedua, keefektifan organisasi ada kaitannya dengan kesesuaian antara tehnologi danstruktur.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*