Jean-Jacques Rousseau (1712-1778)

Jean Jacques Rousseau IMG
Jean Jacques Rousseau
Jean Jacques Rousseau IMG
Jean Jacques Rousseau

Jean Jacques Rousseau lahir di Geneva. Jadi ia orang Swiss berbahasa Perancis. Kehidupannya tidak pernah tenang dan tidak dapat dikatakan berhasil. Filsafatnya ekstrem dan sekaligus luas dan walaupun dari banyak orang sudah ia kritik, namun ia mempunyai pengaruh besar pada filsafat, bahkan pada penghayatan manusia kemudian hari. Faham yang terkenal dari Rousseau adalah faham retour a la nature, kembali ke alam.

Rousseau merupakan titik balik gerakan Aufklarung. Optimisme Aufklarung pada Rousseau menjadi pesimisme. Menurut Rousseau, kemajuan seni dan ilmu pengetahuan bagi manusia bukan kemajuan melainkan kemerosotan dan keterasingan. Manusia menjadi buruk dan busuk karena kebudayaan. Waktu manusia dalam keadaan alamiah, sendirian, tanpa struktur-struktur kehidupan sosial, ia hidup secara otonom dan bahagia, cinta pada dirinya sendiri dan baik pada orang lain. Manusia yang terkena pengaruh kebudayaan dirusak dari dalam.

Maka pendidikan mestinya diarahkan sehingga anak diajauhkan dari pengaruh kebudayaan. Pendidikan berarti membiarkan manusia berkembang sebagaimana ia terdorong oleh dorongan-dorongan alamiah. Ia hendaknya berkembang secara bebas.

Dalam filsafat Rousseau kita untuk pertama kali bertemu dengan sikap skeptis yang mendalam tentang kemajuan manusia, dengan pesimisme budaya, dengan penghargaan terhadap yang alamiah dan asli. Dan sekaligus dengan pandangan amat naïf bahwa manusia secara alamiah adalah baik, jadi asal saja ia dibiarkan berkembang menurut iramanya sendiri, bukan menurut pandangan agama dan etika, ia akan menjadi baik.

Pandangan ini pun komponen penting dalam ramuan kebudayaan modern.

Sumber: Franz Magniz Suseno

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

1 Comment

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Koruptor itu Teroris Sejati | Teori Organisasi dan Manajemen
  2. Pengantar Sosiologi | Catatan Teori Organisasi dan Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*