James D. Thompson: Pengaruh Lingkungan dan Tehnologi

James D. Thompson IMG
James D. Thompson

James D. Thompson  dilahirkan di Indianapolis. Ia adalah seorang sosiolog di University of North Carolina. Spesialisasinya adalah pada bidang organisasi sosial dan perubahannya dan pengembangan organisasional. Karya utamanya adalah buku Organization in Action, yang dipublikasikan pada tahun 1967. Thompson berusaha menciptakan skema klasifikasi yang cukup umum untuk menghadapi sejumlah tehnologi yang ditemukan pada organisasi yang kompleks.

Menurutnya organisasi membentuk inti (core) tehnologinya karena pengaruh lingkungan. Organisasi memiliki motivasi yang tinggi untuk memperoleh stabilitas keamanan, orientasi yang jelas, dan selalu tanggap secara efisien dan efektif dalam lingkungan yang tidak pasti. Thompson mengemukakan bahwa organisasi mau tidak mau harus melakukan beberapa hal mendasar sebagai sebuah keharusan, karena kalau tidak maka tujuan organisasi tidak akan tercapai karena organisasi diharapkan menghasilkan sesuatu, maka tindakannya pun hendaknya masuk akal atau rasional. Konsep rasionalitas yang dibebankan pada organisasi menentukan ruang lingkup dalam hal mana tindakan organisatoris harus dilaksanakan.

Klasifikasi Tehnologi IMG
Klasifikasi Tehnologi

Thompson sebenarnya bukan pendukung imperative tehnologi. Kontribusi Thompson lebih terletak pada upayanya untuk menunjukkan bahwa tekhnologi menentukan pemilihan strategi untuk mengurangi ketidakpastian dan bahwa pengaturan struktur yang spesifik dapat mengurangi ketidakpastian.

Ia berargumentasi bahwa permintaan terhadap pengambilan keputusan dan komunikasi sebagai akibat dari tekhnologi meningkat dari mediating (rendah) ke long-lingked (medium) lalu ke intensive (tinggi). Koordinasi dalam memediasikan tehnologi yang paling efektif adalah melalui peraturan dan prosedur. Long-lingked harus didampingi oleh perencanaan dan penjadwalan. Intensive technology membutuhkan mutual adjusment. Ini berarti bahwa penyesuaian tersebut dapat diurai dalam konfigurasi sebagai berikut:

Mediating technology = kompleksitas rendah, formalitas tinggi

Long-lingked = kompleksitas dan formalitas tinggi

Intensive technology = kompleksitas tinggi, formalitas rendah

Thompson memperlihatkan bahwa saling ketergantungan yang diciptakan oleh tehnologi penting disaat menentukan struktur sebuah organisasi. Diidentifikasikan Thompson sebagai long-linked, mediating dan intensive, yang menunjukkan adanya saling ketergantungan yang khusus dari masing-masing tehnologi; menentukan bagaimana masing-masing menanggapi ketidakpastian yang dihadapinya; dan meramalkan alat-alat koordinasi struktural yang paling ekonomis bagi masing-masing tehnologi.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*