Henry Ford: Mengapresiasi Tinggi Nilai Karyawannya

Henry Ford IMG
Henry Ford
Henry Ford IMG
Henry Ford

Henry Ford pendiri Ford Motor Company dan juga penemu metode perakitan lini produksi modern untuk mobil Model T-nya. Dia juga seorang penemu yang telah dipatenkan dengan lebih dari 100 hak paten. Ia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Saat ini Ford Motor Company memiliki dealer di seluruh dunia, dan merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia.

Sejarah Singkat

Henry Ford lahir pada 30 Juli 1863 di sebuah peternakan di Detroit, Michigan. Di masa mudanya, ia menunjukkan capiblity luar biasa. Dia mampu memperbaiki dan membongkar sebuah jam saku yang ayahnya berikan kepadanya, dia memiliki reputasi sebagai tukang reparasi jam.

Meskipun ia tinggal di peternakan, gairahnya selalu berada di tempat lain. Pada usia 16, ia pindah ke kota Detroit untuk mulai bekerja sebagai seorang masinis. Dia memulainya di Perusahaan Detroit Automobile dalam upaya untuk menciptakan mobil untuk angkutan masal. Perusahaan itu tidak berhasil dan akhirnya ditutup.

Akhirnya ia ke Ford Motor Company dan bergabung dengan investor lainnya. Model pertama-Nya, ‘999 ‘, akan menjadi mobil yang akan meroketkan merek Ford di seluruh Amerika Serikat. Perusahaannya terkenal karena membayar upah pekerjanya. Ford menghargai luar biasa tinggi untuk waktu, bakat dan kemampuan operasi perusahaannya.

Terobosan datang ketika ia berhasil merancang Ford Model T. Model ini dengan harga begitu rendah menjadikan mayoritas driver Amerika segera belajar cara mengemudi Model T. Itu menjadi sukses besar Ford dalam 20 tahun sejak produksi pertama, total keluaran sebesar hingga 15 juta.

Akhirnya Ford Motor Company juga memperluas pasarnya melintasi perbatasan internasional, membuka bisnis di seluruh dunia. Dia juga membuka perusahaan lain yaitu Perusahaan Pesawat Ford, yang didirikan selama Perang Dunia I untuk mendukung Amerika Serikat dalam produksi pesawat mereka. Ini akhirnya ditutup selama Depresi Besar karena penjualan yang buruk. Dia  menyerahkan perusahaan kepada cucunya pada September 1945 dalam keadaan sakit, dan akhirnya ia meninggal dalam tahun 1947, pada usia 83 tahun.

Pelajaran Kepemimpinan

1. Nilai pekerja Anda

Henry Ford menghargai tinggi pekerjanya dan ia menunjukkan dengan memberikan bayaran sangat tinggi untuk semua karyanya dalam lini perakitan.  Ia menarik talenta-talenta dari seluruh wilayah AS untuk bekerja di Ford Motor Company.

Apa pun yang Anda lakukan sebagai seorang pemimpin, jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai setiap setiap orang dalam tim Anda, Anda akan menarik bakat dari seluruh tempat. Lebih dari sekedar gaji mereka, orang ingin bekerja di lingkungan di mana mereka merasa bahwa mereka dihargai dan merupakan bagian penting dari organisasi.

Upayakan untuk memberikan tim Anda perasaan berharga, baik dengan cara menggaji atau dengan pengakuan. Anda dapat yakin bahwa dalam jangka panjang, Anda dapat menarik orang dalam organisasi Anda.

2. Kepercayaan diri adalah penting

Henry Ford memiliki keyakinan diri yang luar biasa dan dia terus mengemukakan hal ini. Dia akan mempekerjakan pekerja yang mau bekerja keras dan akan terus mendorong batas-batas imajinasi mereka. Keyakinan diri Anda sebagai seorang pemimpin akan menular juga. Apa yang Anda percayai tentang diri sendiri? Apa yang Anda yakini tentang kemampuan Anda? Apa yang mungkin dan apa yang tidak mungkin? Kesediaan Anda untuk mencoba yang mustahil akan menginspirasi tim Anda mendorong batas-batas mereka juga.

3. Kita diciptakan untuk pekerjaan

Henry Ford memahami pentingnya pekerjaan. Ia melihat bahwa pekerjaan merupakan bagian penting dari kita sebagai manusia dan pemenuhan kita sebagai orang-orang akan datang sebagai akibat dari kita menggunakan potensi yang ada di dalam diri kita untuk bekerja. Baginya, itu bukan tentang saat ia bisa pensiun. Bahkan, pensiun tidak pernah dalam pertanyaan untuknya.

Anda harus melihat pekerjaan yang merupakan bagian dari kehidupan, dan sebagian besar hidup sebenarnya. Saat Anda memutuskan untuk pensiun, pikiran Anda mulai menurun dan tubuh Anda mulai lebih lemah. Tidak peduli berapa usia Anda atau bagaimana muda Anda, ingat pekerjaan yang selalu merupakan bagian dari kehidupan.

Kutipan Terbaik dari Henry Ford Tentang Kepemimpinan

  • Sebuah bisnis yang membuat apa-apa selain uang adalah bisnis yang buruk.
  • Jika ada salah satu rahasia keberhasilan, itu terletak pada kemampuan untuk mendapatkan titik pandang orang lain dan melihat hal-hal dari sudut orang itu dari Anda sendiri.
  • Jika Anda pikir Anda bisa melakukan sesuatu atau berpikir Anda tidak bisa melakukan sesuatu, kau benar.
  • Sebuah pasar tidak pernah jenuh dengan produk yang baik, tapi sangat cepat jenuh dengan yang buruk.
  • Ada sukacita dalam pekerjaan. Tidak ada kebahagiaan kecuali dalam kesadaran bahwa kita telah mencapai sesuatu.
  • Anda akan menemukan seseorang yang ingin melakukan sesuatu lewat pundak orang lain, yang berpikir bahwa dunia berutang budi kepada hidup mereka. Mereka tampaknya tidak melihat bahwa kita semua harus mengangkat dan menarik bersama-sama.
  • Idealis adalah orang yang membantu orang lain menjadi makmur.
  • Siapapun yang berhenti belajar adalah kaum tua, baik di dua puluh atau delapan puluh. Siapapun yang terus belajar tetap muda. Hal terbesar dalam hidup adalah untuk menjaga pikiran Anda muda.
  • Tidak ada manusia yang hidup tanpa tidak bisa melakukan lebih dari dia pikir dia bisa.
  • Ada satu aturan untuk industrialis dan itu adalah: Membuat kualitas terbaik barang yang mungkin ada dengan biaya serendah mungkin, membayar upah setinggi mungkin.
  • Saya tidak bisa menemukan bahwa ada yang tahu cukup untuk mengatakan dengan pasti apa yang bisa dan apa yang tidak mungkin.
  • Saya tidak percaya seorang pria yang dapat meninggalkan bisnisnya. Dia harus memikirkan dengan hari dan mimpi itu pada malam hari.
  • Uang seperti lengan atau kaki – gunakan atau hilang.
  • Orang yang akan menggunakan keterampilan dan imajinasi konstruktif untuk melihat berapa banyak yang dia bisa berikan untuk satu dolar, bukan bagaimana dia bisa memberikan sedikit untuk satu dolar, ia terikat untuk berhasil.
  • Tidak ada masalah besar, hanya ada banyak masalah kecil.
  • Berpikir adalah pekerjaan tersulit yang ada, yang mungkin merupakan alasan mengapa begitu sedikit yang terlibat di dalamnya.
  • Kekayaan, seperti kebahagiaan, tidak pernah dicapai ketika dicari langsung. Ia datang sebagai produk sampingan dari menyediakan layanan yang bermanfaat.
  • Ketika segala sesuatu tampaknya akan melawan Anda, ingatlah bahwa pesawat lepas landas melawan angin.
  • Apakah Anda percaya Anda bisa melakukan hal itu atau tidak, Anda benar.
  • Pengamatan saya bahwa kebanyakan orang maju bersama waktunya yang lain membuang kesempatannya.
  • Ini bukan majikan yang membayar upah. Pengusaha hanya menangani uang. Ini adalah pelanggan yang membayar upah.
  • Sebelum segala sesuatu yang lain, bersiap-siap adalah rahasia keberhasilan.
  • Datang bersama adalah permulaan, tetap bersama adalah kemajuan; bekerja bersama adalah keberhasilan.
  • Persaingan adalah ujung tombak yang tajam dari bisnis, selalu mencukur biaya lebih dalam.
  • Jangan mencari-cari kesalahan, tenemukan obat.
  • Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, kesempatan berikut lebih cerdas.
  • Saya mencari banyak orang yang memiliki kapasitas tak terbatas untuk tidak mengetahui apa yang tidak dapat dilakukan.
Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*