Definisi Kepemimpinan

Pemimpin Perubahan IMG
Pemimpin Perubahan
Leader IMG
Leader

Apa itu Pemimpin? Kepemimpinan telah didefinisikan oleh beberapa tokoh dan akademisi dalam rentang waktu yang panjang. Apa yang mereka definisikan adalah sah-sah saja; perspektif para tokoh akan membantu untuk memiliki pandangan yang lebih lengkap dari apa yang didefinisikan oleh akademisi tentang pemimpin. Akademisi melihat kepemimpinan dari perspektif yang berbeda dan dari itu, mereka membentuk ide-ide mereka tersendiri. Beberapa orang melihat dari perspektif kepemimpinan militer, kepemimpinan bisnis, adapula dari sisi kepemimpinan politik.

Beberapa defenisi tentang kepemimpinan

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan:

Memimpin berarti 1. mengetuai atau mengepalai, 2. memenangkan paling banyak, 3. memegang tangan seseorang sambil berjalan (untuk menuntun, menunjukkan jalan dsb), 4. memandu, 5. melatih (mendidik, mengajari, dsb) supaya dapat mengerjakan sendiri.

Moore (1927) menyatakan:
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengesankan kehendak pemimpin pada mereka dipimpin dan mendorong ketaatan, rasa hormat, kesetiaan dan kerjasama.

Burns (1978) menyatakan:
Kepemimpinan adalah sebuah ‘proses mobilisasi individu dengan motif-motif tertentu, nilai-nilai dan akses ke sumber daya dalam konteks persaingan dan konflik dalam mencapai tujuan.

Howard Gardner (1995) menyatakan:
Pemimpin adalah mereka yang, ‘dengan kata-kata dan/atau contoh pribadi, guna mempengaruhi perilaku, pikiran, dan/atau perasaan dari sejumlah besar sesama manusia.

Donald Krause (1997) menyatakan:
Tujuan utama dari kepemimpinan adalah untuk mencapai hal-hal yang berguna dan diinginkan yang menguntungkan orang yang dipimpin.

Jo Broshahan (1999) menyatakan:
Kepemimpinan adalah ‘campuran khusus dari hadiah yang meliputi integritas, visi, kemampuan untuk menginspirasi, suatu kesadaran diri yang mendalam, keberanian untuk berinovasi, dan rasa instan dan sempurna dari penghakiman.

Abrahams (2001) menyatakan:
Kepemimpinan adalah tentang visi dan memiliki keberanian untuk melakukan hal yang benar – yang berbeda dari manajemen, kesemuanya adalah tentang melakukan hal yang benar – bahkan jika ada risiko.

John C. Maxwell (1947) menyatakan:

Pemimpin adalah orang yang memiliki otoritas (formal dan informal) untuk mengajar dan memberikan penghargaan terhadap kinerja yang diinginkan.

Menurut saya apa yang dikemukakan John C. Maxwell adalah yang paling menarik, definisinya singkat padat dan jelas.

Kepemimpinan adalah Pengaruh

Kepemimpinan adalah pengaruh. Ini berarti setiap kita adalah pemimpin? Menurut penelitian, ada lebih dari 1400 definisi kepemimpinan. Untungnya, menjadi pemimpin yang baik tidak berarti harus menghafalnya semua. Intinya adalah bahwa kita melihat, dan memahami apa itu pemimpin, dan menginvestasikan waktu untuk  belajar menjadi pemimpin yang efektif. Di atas segalanya, menjadi seorang pemimpin membutuhkan waktu, itu adalah proses, bukan tujuan. Jadi penting untuk meluangkan waktu untuk belajar dan menerapkan semua yang  dibaca agar semakin mendekati kadar kepemimpinan yang diharapkan.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

1 Trackback / Pingback

  1. Pengaruh PTL (Pathway To Leadership) Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Dan Wirausaha Siswa Kelas XI SMAN Sumatera Selatan | "Romadon Blog"

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*