David Hume (1711-1776)

David Hume IMG
David Hume

David Hume adalah filsuf Skotlandia yang menyempurnakan empirisme dan sampai sekarang masih tetap berpengaruh.

Dengan bertolak dari Locke (dan Berkeley, 1685-1753), Hume mengatakan bahwa kita dapat mengetahui sesuatu apapun sebagai keseluruhan. Terutama kita tidak dapat mengetahui hakekat dari sesuatu apapun. Kita juga tidak mengetahui sesuatu tentang Allah. Bahkan tidak tentang hakekat orang lain.

Mengapa? Karena keseluruhan pengetahuan kita adalah terbatas pada pengalaman-pengalaman inderawi, jadi pada kesan-kesan yang kita terima melalui pancaindera.

Hume mau  membongkar beberapa faham yang sangat penting bagi kita. Misalnya faham “sebab”. Menurut Hume tidak ada sebab dan akibat, melainkan hanya sederetan peristiwa, yang satu sesudah yang satunya. Yang kita lihat hanya selalu hanya urutan dalam waktu, tetapi tak pernah unsur penyebab.

Post hoc non propter hoc (sesudahnya, bukan karenanya). Misalnya, saya lemparkan batu kearah jendela, batu kena kaca dan kaca pecah. Menurut Hume yang dapat dipastikan adalah jendela pecah sesudah tersentuh batu, tetapi tidak bahwa batu (dan saya) menyebabkan pecahnya kaca jendela.

Atau faham AKU. Menurut Hume tidak ada AKU. Yang ada hanya sederetan kesan terpotong-potong.Tidak lebih.

David Hume IMG
David Hume

Apa relevansi filsafat yang amat ekstrem dan memang sudah sering dikritik itu? Bahwa kita tidak dapat mempunyai pengetahuan yang pasti dan tidak dapat memahami apa-apa. Jadi sebaiknya kita hidup bagi sesaat saja. Faham seperti Allah, tanggung-jawab dan nilai adalah tanpa arti. Empirisme mempersiapkan nihilism.

Sumber: Franz Magniz Suseno

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

2 Comments

    • makaih buat komentarnya. tidak ada dan dipertimbangkan untuk dihapus. sebab blog ini awalnya berisi tulisan dgn beragam topik.

1 Trackback / Pingback

  1. Empirisme | Teori Organisasi dan Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*