Charles Perrow

Perrow's Typology of Technology IMG
Perrow's Typology of Technology
Charles Perrow IMG
Charles Perrow

Charles Perrow adalah seorang profesor emeritus sosiologi di Yale University dan profesor tamu di Universitas Stanford. Dia adalah penulis beberapa buku dan banyak artikel mengenai organisasi, dan terutama berkaitan dengan dampak organisasi besar pada masyarakat. Ia menerima gelar PhD dalam sosiologi dari Berkeley pada tahun 1960. Beliau menjadi emeritus pada tahun 2000 di Universitas Michigan, Pittsburgh, Wisconsin, dan Yale pula. Sejak 2004 ia telah menjadi profesor tamu di Center for International Security and Cooperation di Stanford, pada musim dingin dan musim semi.

Penelitian

Tema utama penelitiannya adalah dampak dari organisasi-organisasi besar pada masyarakat. Penelitiannya tentang teknolgi juga mengeliminir keterbatasan pandangan Joan Woodward mengenai teknologi adalah dasar manufaktur. Karena perusahaan manufaktur hanya mewakili kurang dari setengah dari semua organisasi, maka tehnologi harus dioperasikan secara umum jika konsep tersebut ingin mempunyai arti bagi semua organisasi.

Teknologi Berdasarkan Pengetahuan

Perrow lebih memperhatikan teknologi pengetahuan (knowledge technology) daripada teknologi produksi. Ia mengidentifikasinya sebagai “tindakan yang dilakukan seorang individu terhadap sebuah objek, dengan atau tanpa bantuan alat atau perlengkapan mekanis, untuk membuat perubahan tertentu pada obyek tersebut. Perrow kemudian mencoba mengidentifikasikan apa yang ia perkirakan sebagai dua dimensi dasar dari teknologi pengetahuan.

Dimensi pertama memperhatikan jumlah pengecualian yang dihadapi seseorang dalam menghadapi pekerjaannya. Disebut task variability, pengecualian tersebut jumlahnya sedikit jika pekerjaan itu mempunyai tingkat rutinitas yang tinggi. Contoh pekerja pada sebuah pabrikan atau tukang goreng pada perusahaan McDonald. Pada ujung lain dari spektrum ini, jika suatu pekerjaan mempunyai cukup banyak keanekaragaman, sejumlah besar pengecualian dapat diharapkan. Secara khas hal ini mencerminkan pula posisi dari manajemen tingkat tinggi. Contoh pekerjaan konsultan, pemadam kebakaran.

Dimensi berikutnya adalah problem analyzability, dimensi ini menilai jenis prosedur pencarian yang diikuti untuk mendapatkan metode yang berguna agar dapat memberikan respons secara memadai terhadap pengecualian tugas. Pencarian tersebut pada suatu saat dapat dideskripsikan sebagai sesuatu yang ditetapkan dengan tepat (well-defined). Contoh nalar logis dan analitis dalam mencari suatu jalan keluar. Kebalikannya pada spectrum lain adalah masalah yang tidak ditetapkan dengan tepat (ill-defined). Contoh pekerjaan arsitektur yang situasinya berbeda-beda di setiap dimensi ruang dan waktu.

Kedua dimensi tersebut – task variability dan problem analyzability dapat digunakan untuk membangun matriks dua kali dua.

Perrow's Typology of Technology IMG
Perrow’s Typology of Technology

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa cara terbaik menyelesaikan kegiatan dengan teknologi rutin adalah melalui koordinasi dan kontrol yang distandarisasi. Strukturnya berupa formalisasi dan sentralisasi yang tinggi. Pada ujung lainnya, teknologi non rutin menuntut fleksibilitas. Strukturnya berupa desentralisasi dan minim formalisasi. Ditengahnya adalah craft technology. Pemecahan masalahnya dilakukan oleh mereka yang paling banyak pengalaman dan pengetahuannya. Strukturnya berbentuk sentralistis namun mempertahankan fleksibilitas melalui formalisasi yang rendah.

Matriks dua kali dua dari teknologi dan ramalan mengenai dimensi struktural yang paling cocok dengan teknolgi tersebut tidak diuji secara empiris oleh Perrow sendiri. Namun orang lain telah menguji teori tersebut. Teori Perrow yang asli sebenarnya lebih dari apa yang disajikan disini. Ia meramalkan bahwa misalnya, hubungan antara jenis teknologi dan aspek-aspek struktural seperti tingkat keleluasaan pada hierarki dan jenis koordinasi. Hasil kajian orang lain terhadap pandangan Perrow umumnya amat mendukung terhadap pendapat Perrow.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Charles_Perrow 

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*