Bisnis Lelang (Auction)

Auction IMG
Auction
Auction IMG
Auction

Bisnis lelang atau auction adalah bisnis jual beli barang atau jasa dengan menawarkan dan mengambil tawaran, dan kemudian menjual item ke penawar tertinggi. Dalam teori ekonomi, lelang dapat mengacu pada mekanisme atau seperangkat aturan perdagangan untuk pertukaran. Kata ‘lelang’ berasal dari augeō Latin yang berarti ‘saya meningkatkan’ atau ‘Saya menambah’. Pada tahun 2008, Asosiasi Auctioneers Nasional melaporkan bahwa pendapatan kotor industri lelang untuk tahun itu adalah sekitar $ 268.400.000.000, dengan sektor yang paling cepat berkembang antara lain sektor pertanian, mesin, dan lelang peralatan dan lelang perumahan dalam bisnis real estat. Rumah lelang tertua di dunia adalah Lelang Rumah Stockholm (Stockholms Auktionsverk). Didirikan di Swedia pada 1674. Sotheby, sekarang adalah rumah lelang yang kedua terbesar di dunia, diadakan lelang pertama pada tahun 1744. Christie, saat ini adalah rumah lelang terbesar di dunia, didirikan sekitar 1766. Rumah lelang lainnya yang masih beroperasi antara lain Dorotheum (1707), Mallams (1788), Bonhams (1793), Phillips de Pury & Company (1796), yang Freeman (1805) dan Lyon & Turnbull (1826).

Lelang memiliki sejarah panjang, yang telah tercatat sejak 500 SM. Catatan sejarah menunjukkan aktivitas awal lelang dilakukan di Babel. Menurut Herodotus, dalam lelang perempuan di Babel untuk pernikahan diadakan setiap tahun. Pada masa itu malahan dianggap ilegal jika anak perempuan dijual di luar metode lelang. Lelang kemudian terjadi pula kerjaan Romawi terhadap pampasan perang, budak dan terhadap aset Negara dan makin berkembang pesat di Eropa dan Amerika terutama lelang hasil pertanian dan koleksi seni. Sementara sejarah lelang di Indonesia dimulai oleh East India Company yang menyelenggarakan lelang untuk teh (1750) dah masih bertahan sampai sekarang di London. Ada juga lelang tembakau Indonesia yang masih bertahan di Bremen, Jerman. Lelang kini semakin berkembang lagi setelah munculnya internet. Ia telah muncul dengan format baru berupa lelang online yang memungkinkan untuk menjangkau pembeli yang lebih luas.

Ada beberapa tempat yang umum digunakan sebagai tempat melelang:

  • Balai lelang atau rumah lelang

Tempat ini memang khusus untuk melelang barang. Biasanya yang dilelang di tempat ini adalah barang-barang seni, antik, atau barang yang bernilai tinggi. Contoh balai lelang adalah Bali Auction House di Bali.

  • Pegadaian

Pegadaian sebetulnya bergerak dibidang jasa gadai. Namun pada perkembangannya selalu ada saja nasabah yang tidak mampu menebus barang yang digadaikan. Barang yang digadaikan dijual oleh Pegadaian dengan cara dilelang. Oleh karena itu di Pegadaian selalu diadakan acara lelang dengan periode tertentu. Bahkan kini PT Pegadaian Indonesia memiliki anak perusahaan yang khusus bergerak dalam jasa lelang yang bernama PT Balai Lelang Artha Gasia.

  • Tempat Pelelangan Ikan

Ikan yang diperoleh dari nelayan ada yang dijual secara langsung ada yang melalui TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Ikan di kumpulkan dan dilelang kepada pembeli untuk mendapatkan harga tertinggi. Di Jepang ada tempat pelelangan ikan terkenal salah satunya Pasar Tsukiji

  • Internet daring

Lelang melalui internet atau lelang online muncul seiring dengan perkembangan internet itu sendiri. Perkembangan internet, bagaimanapun, telah menyebabkan kenaikan yang signifikan dalam penggunaan lelang. Juru lelang dapat meminta tawaran melalui internet dari berbagai pembeli yang lebih luas dan semakin banyak komoditas yang ditawarkan dibandingkan sebelumnya. Barang atau jasa yang diperjualbelikan dipasang di situs dan peserta lelang dapat mengikuti acara lelang secara daring. Perusahaan lelang yang berhasil menggunakan sarana internet salah satunya adalah Ebay. Pemerintah Indonesia pun saat ini sudah mengadakan Sistem e-Pengadaan Pemerintah yang mengadopsi sistem lelang melalui Internet daring.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Auction, http://id.wikipedia.org/wiki/Lelang

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi