Bisnis Value Added Reseller (VAR)

Reseller IMG
Reseller
Reseller IMG
Reseller

Bisnis Nilai Tambah Reseller atau Value Added Reseller (VAR) adalah bisnis perusahaan yang menambahkan fitur atau layanan kepada produk yang sudah ada, kemudian menjualnya kembali (biasanya untuk end-user) sebagai produk terintegrasi. Jadi VAR adalah pihak yang memberikan tambahan infrastruktur atau berupa sumber daya lain sehingga memberikan nilai tambah. Praktek ini terjadi umumnya pada industri elektronik, di mana, VAR tersedia dalam bentuk aplikasi perangkat lunak dengan perangkat keras yang telah disediakan sebelumnya. Bisnis ini sejalan pula dengan trend kini dimana sistem perekonomian bergerak dari sektor pertanian ke manufaktur terus menuju sektor jasa dan bermuara kepada kondisi post-service kini. 

Nilai tambah dapat berasal dari jasa profesional seperti mengintegrasikan, mengubah, konsultasi, pelatihan dan implementasi. Nilai ini juga dapat ditambahkan dengan mengembangkan aplikasi khusus untuk produk yang dirancang untuk kebutuhan pelanggan yang kemudian dijual kembali sebagai package.VARs baru yang menggabungkan platform perangkat lunak ke dalam paket perangkat lunak produk terdahulu.

Istilah ini sering digunakan dalam industri komputer, di mana sebuah perusahaan membeli komponen komputer dan membangun sebuah sistem komputer yang beroperasi penuh secara personal yang biasanya disesuaikan untuk suatu tugas tertentu (seperti non-linear video editing). Dengan melakukan ini, perusahaan telah menambahkan nilai di atas biaya komponen komputer ke individu. Pelanggan akan membeli sistem dari reseller jika mereka tidak memiliki waktu atau pengalaman untuk merakit sistem itu sendiri. Contoh perusahaan VAR di Indonesia antara  lain kerjasama Oracle dengan P.T. Metrodata Electronic, Tbk, kerjasama Dell Indonesia dan Virtus TechnologyIndonesia (VTI), Business Software Solution (BSS), Blackberry dan RIM Indonesia  dan lain-lain.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Value-added_reseller 

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*