Bisnis Sumber Terbuka (Open Source)

Computer Key IMG
Computer Key
Computer Key IMG
Computer Key

Bisnis sumber terbuka atau open source adalah  model bisnis di mana penyedia perangkat lunak open source menghasilkan pendapatan dari pemeliharaan, layanan dan dukungan yang diberikan bersama dengan perangkat lunak. Contohnya adalah aplikasi worpress.org yang digunakan oleh penulis untuk membuat  webblog ini. Beberapa penyedia perangkat lunak open source juga menyediakan lisensi komersial perangkat lunak open source atau versi pelanggan yang spesifik dari perangkat lunak open source kepada pelanggan. Layanan  open source merupakan tehnolgi perangkat lunak yang paling dicari di kalangan profesional website kini. Karena website dinamis kini dapat lebih cair melayani kebutuhan bisnis mereka dibanding website statis sebelumnya.

Dengan hadirnya teknologi perangkat lunak open sources hampir semua organisasi mendapatkan aplikasi web yang kuat untuk basis penggunaan dalam skala besar. Menurut hasil studi, 1 dari 2 perusahaan atau 44% dari perusahaan akan memiliki blog atau web blog pada tahun 2012. Tren ini wajar karena blog atau web membantu para pengusaha untuk menikmati transaksi keuangan dan interaksi pelanggan melalui website perusahaan mereka. Bahkan pemilik organisasi besar juga mengadopsi perangkat lunak open source sebagai solusi kedalam proses kerja dan mempertahankan nilai merek di antara komunitas pengguna. “Tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan,” kata Peter Drucker. Argumen Drucker relevan dan mendasar bagi pembuatan konten yang relevan bagi pelanggan. Sebagai bukti bahwa perusahaan memahami apa yang mereka nilai.

Perangkat lunak open source mulai menjadi populer pada 1990-an dengan diperkenalkannya Linux.  Kemudian dipopulerkan oleh perusahaan seperti Liferay, Inc, OpenSearchServer, Red Hat, MySQL AB, dan JBoss. Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab. Jadi dengan adanya perangkat lunak open source orang atau perusahaan dapat memiliki situs yang lebih baik, karena mereka dapat bebas membuat atau mengutak-atik website yang sesuai dengan kebutuhan. Pembuatannya dapat dilakukan sendiri apabila orang atau organisasi memiliki pengetahuan untuk itu atau dengan menyewa tenaga expert.

Dengan kehadiran aplikasi open source muncul pula beragam jenis model bisnis open source yang bisa digarap oleh para profesional  website yang sudah tentu memperoleh income dari jasa layanan keahliannya, dari pemeliharaan, dan dukungan serta dari perangkat lunak itu sendiri.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Professional_open-source

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*