Bisnis Pisau Cukur (Freebie Marketing)

Freebie IMG
Freebie
Freebie IMG
Freebie

Bisnis pisau cukur atau freebie marketing adalah sebuah model bisnis dimana satu item produk dijual dengan harga murah (atau diberikan secara gratis) untuk meningkatkan penjualan dari persediaan, sebagai produk yang saling melengkapi seperti (inkjet printer dan kartrid tinta, “swiffers” dan cairan pembersih, ponsel dan kontrak layanan) atau perangkat lunak (konsol permainan dan permainan). Konsep ini tercermin dari slogan Gillette “Give ’em the razor; sell ’em the blades. Freebie marketing telah digunakan dalam model bisnis selama bertahun-tahun. Perusahaan Gillette masih menggunakan pendekatan ini, mereka sering mengirimkan pakai pisau cukur melalui pos untuk kawula muda di saat ulang tahun ke-18 mereka, atau sebagai hadiah pada acara-acara publik yang di sponsori Gillette, dan sebagainya.

Model pemasaran freebie dapat terancam jika harga barang konsumsi margin tinggi tersebut jatuh karena persaingan. Untuk pasar freebie menjadi sukses perusahaan harus memiliki monopoli efektif atas barang yang sesuai.

Contoh Freebie Marketing

  • Standard Oil

Dengan monopoli di pasar domestik Amerika, Standard Oil dan pemiliknya, John D. Rockefeller, melihat ke China untuk memperluas bisnis mereka. Perwakilan dari Standard Oil menyerahkan delapan juta lampu minyak tanah secara gratis atau dengan harga sangat miring untuk meningkatkan permintaan untuk minyak tanah. Pengusaha Amerika, ini memunculkan slogannya “Minyak untuk lampu Cina.” Minyak baru Alice Tisdale Hobart untuk Lampu Cina adalah contoh manjur dari fenomena tersebut.

  • Comcast

Comcast sering memberikan sebuah perekam video digital (DVR), kepada pelanggan berlangganan. Namun, biaya memberikan setiap DVR gratis diimbangi dengan biaya instalasi $ 19,95 serta biaya berlangganan $ 13,95 bulanan untuk menggunakan mesin. Berdasarkan biaya rata-rata diasumsikan sebesar $ 250 per kotak DVR untuk Comcast, setelah 18 bulan perusahaan itu telah menutupi kerugian dan mulai menghasilkan keuntungan.

  • Printer

Printer sering dijual pada atau di bawah biaya untuk menghasilkan penjualan  kartrid eksklusif yang akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan sepanjang umur peralatan. Bahkan, dalam kasus tertentu, biaya penggantian tinta atau toner sekali pakai bahkan mungkin mendekati biaya untuk membeli peralatan baru.

  • Video game

Konsol permainan video game sering kali dijual dengan kerugian dan keuntungan didapat dari penjualan perangkat lunak dan aksesori yang sangat menguntungkan untuk produsen konsol. Untuk alasan ini, produsen konsol agresif melindungi margin keuntungan mereka melawan pembajakan dengan mengejar tindakan hukum terhadap pembawa modchips dan jailbreaks. Khususnya di era generasi keenam dan seterusnya, Sony dan Microsoft, dengan PlayStation 2 dan Xbox  mereka .

Ikatan dan Masalah hukum

Beberapa jenis ikatan dalam model bisnis ini terutama oleh kontrak, secara historis telah dianggap sebagai praktek anti persaingan. Ide dasarnya adalah bahwa konsumen dirugikan karena dipaksa untuk membeli suatu barang yang tidak diinginkan. Dan ini juga dapat membahayakan perusahaan lain di pasar yang hanya menjual komponen tunggal. Berbeda praktek freebie dapat dilihat sebagai anti-persaingan. Misalnya Microsoft yang dituduh merilis Internet Explorer tanpa biaya untuk menghancurkan pasar Netscape.

http://en.wikipedia.org/wiki/Freebie_marketing

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*