Bisnis Offline dan Online (Brick and Click)

Online Business IMG

Online Business

Bisnis offline dan online atau brick and click adalah sebuah model bisnis dimana sebuah perusahaan terintegrasi baik offline dan online. Biasanya toko memfasilitasi pembelian secara online, namun produk bisa diambil di toko lokal. Pengembangan bisnis seharusnya demikian. Bisnis online tidaklah berdiri sendiri, ia adalah bagian integral dari whole business yaitu bisnis offline dan online.  Bukti paling sahih kini adalah gagalnya IPO Facebook di pasar saham. Warren Buffet orang yang paling ahli dalam dunia investasi menolak membeli saham facebook dengan alasan prospek usahanya tidaklah masuk akal. Penolakan ini bermakna sebuah usaha tidak dapat mengandalkan kegiatan online semata.

Model binis offline dan online adalah sebuah model bisnis dimana sebuah perusahaan terintegrasi baik offline dan online. Dan terintegrasi pula dengan kegiatan lain seperti pengadaan catalog, selain menawarkan pemesanan via telepon juga, atau setidaknya memberikan dukungan telepon penjualan. Contoh populer dari offline dan online adalah ketika jaringan toko memungkinkan pelanggan untuk memesan produk baik secara online atau secara fisik di salah satu toko mereka, juga memungkinkan mereka untuk memperoleh pesanan langsung di cabang toko lokal. Ada banyak alternatif kombinasi dari model ini.

Bisnis offline dan online biasanya digunakan oleh pengecer tradisional yang memiliki logistik dan rantai pasokan yang luas, umumnya reputasi perusahaan mereka terkenal dan dihormati karena kehadiran tradisional fisik mereka. Dalam realitas adalah jauh lebih mudah bagi pengecer tradisional untuk melakukan aktivitas online, daripada bagi sebuah perusahaan baru yang mencoba memasuki  kegiatan online dengan sukses. Kegiatan online mudah dilakukan oleh pengecer karena keberadaan tradisional mereka, termasuk merek yang kuat dan dikenal dengan baik, tanpa harus memiliki anggaran pemasaran yang besar. Meskipun faktor utama dalam keberhasilan atau kegagalan model bisnis ini adalah dalam pengendalian biaya, karena biasanya mempertahankan kehadiran fisik akan mengeluarkan biaya yang besar bagi bangunan fisik dan membutuhkan staf, belanja modal yang lebih besar.

Selain argumen diatas, perilaku konsumen pun beragam sehingga mustahil untuk dilayani secara online saja. Sebagai contoh, supermarket sering memiliki berbagai jenis pelanggan yang membutuhkan pilihan belanja alternatif; satu kelompok mungkin ingin melihat barang langsung sebelum membeli dan yang lain menyukai kenyamanan dari belanja on-the-fly, sementara kelompok lain mungkin memerlukan kenyamanan yang berbeda dari belanja online dan mendapatkan pesanan yang disampaikan sesuai keinginan mereka. Penjualan barang mewah juga demikian. Pembelian umumnya dilakukan dengan kehadiran fisik, karena meskipun mereka mungkin  memperoleh informasi produknya secara online tapi  keputusan pembelian terjadi setelah melihat fisik barang.

Dari fakta bisnis diatas dapat disimpulkan bahwa keberhasilan perusahaan kedepan ditentukan oleh kemampuan perusahaan untuk mengelola trade-off antara pemisahan atau integrasi bisnis, antara ritel dan online. Pendekatan yang holistik akan membantu memperjelas maksud baik dan sumber sinergi dan memutuskan antara model bisnis, strategi, scorecard, informasi, inovasi, proses dan sistem TI. Ini termasuk keselarasan arsitektur serta transformasi bisnis dan nilai dan pandangan kinerja. Dialog tersebut memungkinkan eksekutif untuk menggunakan model bisnis dengan penyelarasan bisnis mereka. Integrasi keduanya adalah sebuah pilihan terbaik. Sejalan dengan fakta bahwa 1 dari 2 perusahaan atau 44% dari perusahaan akan memiliki blog pada tahun 2012. Tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan, kata Peter Drucker. Mengintegrasikan bisnis offline dan online adalah bukti bahwa perusahaan memahami apa yang diinginkan dan dinilai oleh pelanggan.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Brick_and_click 

Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Posted in Model Bisnis Tagged with: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Popular Post