Bisnis Monopoli

Kurva Pendapatan Maximal Monopoli IMG
Kurva Pendapatan Maximal Monopoli
Kurva Pendapatan Maximal Monopoli IMG
Kurva Pendapatan Maximal Monopoli

Monopoli (dari μόνος monos Yunani (sendiri atau tunggal) + polein πωλεῖν (menjual)) muncul ketika orang tertentu atau perusahaan adalah pemasok terhadap hanya komoditi tertentu. (Ini berbeda dengan monopsoni yang berhubungan dengan kontrol satu kesatuan dari pasar untuk membeli barang atau jasa, dan dengan oligopoli yang terdiri dari beberapa entitas mendominasi industri). Monopoli ditandai dengan kurangnya kompetisi ekonomi untuk menghasilkan barang atau jasa dan kurangnya barang pengganti yang layak. Kata kerja “memonopoli” mengacu pada proses dimana perusahaan mendapatkan kemampuan untuk menaikkan harga atau mengecualikan pesaing. Dalam ilmu ekonomi, monopoli adalah penjual tunggal. Dalam hukum, monopoli adalah badan usaha yang memiliki kekuatan pasar yang signifikan, yaitu, daya, untuk menetapkan harga yang tinggi. Meskipun monopoli kemungkinan pada bisnis besar, namun ukuran bukanlah karakteristik monopoli. Sebuah usaha kecil mungkin masih memiliki kekuatan untuk menaikkan harga dalam industri kecil (atau pasar).

Monopoli dibedakan dari monopsoni, di mana hanya ada satu pembeli produk atau jasa; monopoli juga mungkin memiliki kontrol monopsoni dari sektor pasar. Demikian juga, monopoli harus dibedakan dari sebuah kartel (suatu bentuk oligopoli), di mana beberapa penyedia bertindak bersama-sama untuk mengkoordinasikan jasa, harga atau penjualan barang. Monopoli, monopsoni dan oligopoli semua situasi seperti bahwa satu atau beberapa entitas memiliki kekuatan pasar dan karena itu berinteraksi dengan pelanggan mereka (monopoli), pemasok (monopsoni) dan perusahaan lain (oligopoli) secara teori permainan – yang berarti bahwa harapan tentang perilaku mereka mempengaruhi pilihan pemain lain dari strategi dan sebaliknya. Ini harus dikontraskan dengan model persaingan sempurna di mana perusahaan mengikuti harga pasar dan tidak memiliki kekuatan pasar.

Bila tidak dipaksa secara hukum untuk melakukan sebaliknya, monopoli biasanya memaksimalkan keuntungan mereka dengan memproduksi barang lebih sedikit dan menjualnya dengan harga lebih tinggi daripada akan menjadi kasus persaingan sempurna. (Lihat juga Bertrand, Cournot atau Stackelberg yang membahas tentang kesetimbangan, kekuatan pasar, pangsa pasar, konsentrasi pasar, laba Monopoli, ekonomi industri). Kadang-kadang pemerintah memutuskan secara hukum bahwa suatu perusahaan adalah monopoli yang tidak melayani kepentingan terbaik dari pasar dan atau konsumen. Pemerintah dapat memaksa perusahaan untuk membagi menjadi perusahaan independen yang lebih kecil seperti yang terjadi dari Amerika Serikat dalam hal ini perusahaan AT & T, atau mengubah perilakunya seperti yang terjadi dari Amerika Serikat yakni perusahaan Microsoft, untuk melindungi konsumen.

Monopoli dapat dibentuk oleh pemerintah, terbentuk secara alami, atau bentuk dengan merger. Monopoli dikatakan pemaksaan ketika monopoli secara aktif melarang pesaing dengan menggunakan praktek-praktek (seperti underselling) yang berasal dari pasar atau pengaruh politik (lihat paradoks Chainstore). Sering kali muncul perdebatan terhadap apakah pembatasan pasar merupakan kepentingan jangka panjang terbaik bagi konsumen saat ini dan jangka panjang.

Monopoli menggambarkan situasi di mana semua (atau sebagian besar) penjualan di pasar dilakukan oleh sebuah perusahaan tunggal. Sebuah monopoli alamiah sebaliknya adalah kondisi pada teknologi biaya dari sebuah industri dimana hal ini sangat efisien (melibatkan biaya jangka panjang rata-rata terendah) untuk produksi terkonsentrasi di satu perusahaan.

Dalam beberapa kasus, hal ini memberikan pemasok terbesar dalam suatu industri, sering supplier pertama di pasar, keuntungan biaya besar atas pesaing aktual dan potensial lainnya. Hal ini cenderung menjadi kasus dalam industri di mana biaya modal mendominasi, menciptakan skala ekonomi yang besar dalam kaitannya dengan ukuran pasar, dan karena hambatan tinggi untuk masuk; contoh termasuk utilitas publik seperti pelayanan air dan listrik. Hal ini sangat mahal untuk membangun jaringan transmisi (air/gas jaringan pipa, listrik dan saluran telepon) sehingga tidak mungkin bahwa pesaing potensial akan bersedia untuk melakukan investasi modal yang dibutuhkan bahkan untuk memasuki pasar monopoli itu. Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa persaingan oligopolistik muncul bahkan ketika kondisi biaya sebuah industri melibatkan characteristics.Contents monopoli alamiah.

Perusahaan yang mengambil keuntungan dari skala ekonomi sering mengalami masalah birokrasi; faktor-faktor ini berinteraksi untuk menghasilkan sebuah “ideal” ukuran untuk sebuah perusahaan, di mana biaya rata-rata perusahaan produksi diminimalkan. Jika itu ukuran ideal adalah cukup besar untuk memasok seluruh pasar, maka pasar yang dimasuki akan terjadi monopoli alamiah.

Pemahaman Mikroekonomi

Dua jenis biaya yang penting dalam ekonomi mikro yaitu: biaya marjinal, dan biaya tetap. Biaya marjinal adalah biaya untuk perusahaan melayani lebih dari satu pelanggan. Dalam sebuah industri dimana monopoli alami tidak ada, sebagian besar industri, biaya marjinal berkurang dengan skala ekonomi, kemudian meningkat sebagai perusahaan bertumbuh (lembur karyawan, birokrasi, inefisiensi, dll). Seiring dengan ini, biaya rata-rata produknya menurun dan meningkat. Sebuah monopoli alamiah memiliki struktur biaya yang sangat berbeda. Sebuah monopoli alamiah memiliki biaya tetap tinggi untuk produk yang tidak tergantung pada output, tetapi biaya marjinal produksi yang lebih baik secara umum konstan, dan kecil.

Sebuah perusahaan dengan biaya tetap tinggi memerlukan sejumlah besar pelanggan untuk memiliki return yang berarti atas investasi. Di sinilah skala ekonomi menjadi penting. Karena setiap perusahaan memiliki biaya awal yang besar, sebagai pangsa pasar perusahaan keuntungan dan meningkatkan outputnya biaya tetap (apa yang mereka awalnya diinvestasikan) dibagi antara sejumlah besar pelanggan. Oleh karena itu, dalam industri dengan besar kebutuhan investasi awal, penurunan biaya rata-rata total output meningkat selama rentang yang jauh lebih besar dari tingkat output.

Setelah monopoli alamiah telah ditetapkan karena biaya awal yang besar dan bahwa, sesuai dengan aturan skala ekonomi, perusahaan yang lebih besar memiliki biaya rata-rata lebih rendah dan karena itu keuntungan yang sangat besar. Dengan pengetahuan ini, tidak ada perusahaan mencoba untuk memasuki industri dan oligopoli atau monopoli berkembang.

Paparan diatas masih merupakan konsep dasar saja sebagai entry point untuk memahami dan memasuki model atau jenis bisnis ini.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Natural_monopoly, http://en.wikipedia.org/wiki/Monopoly

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*