Bisnis Lelang Online (Online Auction)

Online Auction IMG
Online Auction
Online Auction IMG
Online Auction

Lelang online atau online auction adalah lelang yang diselenggarakan melalui internet. Lelang online memang perlu dibahas tersendiri selain model bisnis lelang konvensional yang telah dibahas pada kesempatan sebelumnya, karena prospek model bisnis ini yang cukup menjanjikan. Lelang online muncul dalam berbagai format, yang paling populer antara lain lelang inggris dengan sistem penawaran naik, lelang belanda dengan sistem turun, Harga-pertama dengan tawaran tertutup, lelang vickrey, atau kadang-kadang kombinasi dari beberapa lelang. Ruang lingkup dan jangkauan lelang kini telah terdorong oleh internet. Lelang online kini telah memecah dan menghapus keterbatasan fisik lelang tradisional, seperti batasan geografi, waktu kehadiran, ruang, dan luasan sasaran. Lelang online diproyeksikan meliputi 30% dari semua online e-commerce karena perkembangannya dan popularitas bentuk perdagangan elektronik kini.

Sejarah

Lelang online pertama dengan aktivitas berbasis web komersial dengan penjualan yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu perusahaan Onsale. Pada bulan September tahun yang sama eBay juga mulai perdagangan. Kedua perusahaan menggunakan sistem penawaran naik atau sistem pelelangan Inggris dan mereka adalah yang pertama dari jenis mereka untuk mengambil keuntungan dari peluang teknologi terbaru. Web menawarkan keunggulan baru seperti penggunaan tawaran otomatis melalui formulir elektronik, mesin pencari untuk dapat dengan cepat menemukan item dan kemampuan untuk memungkinkan pengguna untuk melihat item menurut kategori. Lelang online telah sangat meningkatkan berbagai barang dan jasa yang dapat dibeli dan dijual dengan menggunakan mekanisme lelang bersama dengan memperluas kemungkinan cara lelang yang dapat dilakukan dan secara umum membuat penggunaan baru untuk lelang. Dalam lingkungan web saat ini ada ratusan, jika tidak ribuan, situs yang didedikasikan untuk praktik lelang online.

 Jenis-jenis Lelang Online

1. Lelang Inggris

Lelang Inggris adalah lelang dimana tawaran yang diumumkan oleh salah satu juru lelang atau oleh peserta tender dan pemenang akan membayar apa yang mereka ajukan untuk menerima objek. Lelang Inggris yang diklaim sebagai bentuk paling umum dari semua on-line format lelang yang digunakan dan dianggap sebagai yang paling sederhana dari semua bentuk.

2. Lelang Belanda

Lelang Belanda adalah kebalikan dari lelang Inggris dimana harganya mulai tinggi dan secara sistematis diturunkan sampai pembeli menerima harga.

3. Lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup

Lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup  adalah ketika tawaran tunggal dibuat oleh semua pihak penawaran dan yang menang adalah penawar tunggal tertinggi, dan membayar apa yang mereka ajukan.

4. Lelang Vickrey

Lelang hampir mirip dengan  lelang harga-pertama dengan penawaran tertutup hanya saja pemenang hanya hanya membayar sebesar jumlah yang ditawarkan penawar tertinggi kedua.

5. Lelang Terbalik Lelang terbalik atau reverse adalah lelang dimana peran pembeli dan penjual yang terbalik. Beberapa penjual bersaing untuk mendapatkan bisnis pembeli dan harga biasanya menurun dari waktu ke waktu sebagai penawaran baru yang dibuat. Mereka tidak mengikuti format lelang khas dimana pembeli dapat melihat semua penawaran dan dapat memilih yang mereka inginkan. Lelang terbalik digunakan terutama dalam konteks bisnis untuk pengadaan barang.

 6. Lelang Bidding-fee

Adalah fee yang dikenakan pemilik web untuk setiap kenaikan harga penawaran barang yang dilelang.

Sistem lelang online saat ini berkembang amat  pesat namun ada berbagai kekurangannya juga antara lain pemilik situs terlalu memanfaatkan kesempatan secara berlebihan dengan mengambil fee yang terlalu tinggi.  Meningkatnya popularitas menggunakan lelang online telah menyebabkan peningkatan aktivitas penipuan dan pencurian barang yang dijual lewat situs lelang.  Menurut statistik dari polisi ada lebih dari 8000 kejahatan yang melibatkan barang curian, penipuan atau penipuan yang dilaporkan di eBay pada tahun 2009.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Online_auction_business_model

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

2 Comments

  1. mas ferry sebelomnya mohon maaf kalo ada salah2 kata, mas kalo jenis2 lelang online itu dapet sumber dari mana? kalo ada bukunya minta tolong judul bukunya apa.
    makasih mas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*