Bisnis Jasa (Services)

Services IMG
Services
Services IMG
Services

Bisnis jasa atau services menurut Kotler dan Keller (2006) adalah setiap kegiatan atau kinerja yang ditawarkan  salah satu pihak kepada yang lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan pengalihan kepemilikan apapun. Meskipun mungkin produk layanannya terkait dengan produk fisik. Hal senada juga dikemukakan Hermawan Kertajaya yang mengemukakan bahwa service merupakan sebuah paradigma dari orang-orang dalam sebuah perusahaan, tidak peduli apakah sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa untuk selalu memberikan best value pada pelanggannya. Sementara menurut Holy Icuny dan Martinus Getty service merupakan komponen tambahan seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi, dll. Ketiga definisi diatas jelas aktivitas bisnis ini adalah memberi nilai tambah pada pelanggan dengan bantuan suatu produk fisik tetapi bisa juga tidak.

Spektrum bisnis jasa amatlah luas. Ia nyaris melingkupi hampir semua aspek kehidupan kita. Bisnis ini dapat bergerak dalam urusan agama, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, layanan pelanggan, rumah tangga, layanan militer, telekomunikasi, layanan Internet (ISP), rumah sakit, teknologi, arsitek dan masih teramat banyak lagi.  Dari luasan spectrum yang teramat luas tersebut tidak berarti bisnis jasa dapat dengan mudah dimasuki. Ia membutuhkan syarat-syarat tertentu juga untuk dimasuki terutama SDM guna mengkonsepsikan dan merencanakan strategi yang tepat.

Nilai tambah adalah corner stone bisnis ini. Karenanya perlu ada kesadaran para pelaku bisnis jasa tentang betapa  pentingnya keberadaan pelanggan. Mereka harus benar-benar merasakan nilai tambah yang diperoleh dari sebuah layanan. Tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan, kata Peter Drucker.  Service yang buruk bisa membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Industrialization_of_services_business_model

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*