Bisnis Jaringan (Networks)

Networking-jaringan IMG
Networking
Networking IMG
Networking

Bisnis jaringan atau networks adalah kegiatan sosial ekonomi dimana kelompok pengusaha mengenali, menciptakan, atau bertindak terhadap peluang bisnis. Sebuah jaringan usaha adalah jenis jaringan sosial yang ada dan menjadi alasan untuk kegiatan bisnis. Ada beberapa organisasi jaringan bisnis terkemuka yang menciptakan model aktivitas jaringan yang jika diikuti akan memungkinkan orang bisnis untuk membangun hubungan bisnis baru dan menghasilkan peluang bisnis pada saat yang sama. Sebuah layanan jaringan profesional merupakan implementasi teknologi informasi untuk mendukung jejaring bisnis. Banyak pengusaha berpendapat jaringan bisnis adalah metode yang lebih efektif dengan biaya rendah untuk menghasilkan bisnis baru daripada iklan atau upaya PR.

Hal ini karena jaringan bisnis adalah kegiatan murah yang melibatkan lebih banyak komitmen pribadi dari perusahaan. Bisnis jaringan dapat dilakukan dalam komunitas bisnis lokal, atau pada skala yang lebih besar melalui Internet. Situs bisnis jaringan telah berkembang selama beberapa tahun terakhir karena kemampuan Internet untuk menghubungkan orang dari seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan Internet sering membuat lead bisnis untuk dijual ke perusahaan besar dan perusahaan mencari sumber data. Contoh di Indonesia adalah bagaimana PT Capriasi Multinasional Sejahtera (Capriasi), sebuah perusahaan fashion yang menggunakan jalur pemasaran multi level marketing (MLM) dapat memangkas biaya setelah memanfaatkan aplikasi Oracle. Teknologi informasi (TI) merupakan infrastruktur yang amat penting bagi Capriasi kini. Karena sistem keanggotaan dan perhitungan bonus tidak bisa lagi dilakukan secara manual, melainkan melalui komputer. Sebelumnya Capriasi sempat takut mengembangkan jaringan bisnisnya saat member menjadi 80 ribu orang. Menambah member berarti cost jadi berlipat-lipat besarnya. Dengan Oracle, tidak ada lagi ketakutan itu. Jumlah member kini menjadi 160 ribu orang, nilai bisnis tetap meningkat dan cost tetap terkendali.

Argumen-argumen mendasar tentang bisnis ini antara lain dikemukakan oleh Robert T. Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad’s The Business School For People Who Like Helping People, ia meruntuhkan prasangka banyak orang selama ini yang menganggap bisnis jaringan adalah bisnis bersistem piramida yang hanya menguntungkan orang yang berada di puncak bisnis tersebut. Sebaliknya, sistem korporat tradisional yang selama ini kita kenal, justru adalah perusahaan dengan sistem piramida. Dalam bisnis tradisional ini, fokusnya adalah memiliki para karyawan (employee) dan orang yang bekerja sendiri (self-employee) untuk bekerja pada mereka. Dan sistem ini hanya mengijinkan satu orang saja mencapai puncak perusahaan. Sedangkan pada  bisnis jaringan, yang menjadi salah satu kelebihannya adalah Andalah yang akan menciptakan aset. Yaitu, para pemilik bisnis itu sendiri (business owner). Yang lain bekerja di bawah Anda dan tugas mereka kemudian adalah menciptakan para business owner lainnya bekerja di bawah mereka. Karenanya Kiyosaki menganjurkan kepada semua karyawannya untuk mempertimbangkan pemasaran jaringan sebagai bisnis paruh waktu mereka, sementara mereka juga bekerja pada bisnisnya secara purnawaktu.

Kiyosaki mengingatkan untuk berhasil di bisnis pemasaran jaringan, sebaiknya motivasi utama bergabung dengan bisnis ini adalah untuk membantu diri sendiri sebagai alasan pertama dan membantu orang lain sebagai alasan kedua. Karena menurut Kiyosaki, kebanyakan orang bergabung hanya untuk mencari uang. Dan kalau mereka tidak mendapat uang dalam beberapa bulan atau tahun pertama, mereka menjadi patah semangat, berhenti dan sering kali menyebarkan kejelekan tentang industri pemasaran jaringan. Kiyosaki juga menambahkan, ‘keunggulan bisnis ini tidak diukur dengan seberapa banyak uang Anda peroleh, tetapi berapa banyak orang yang Anda bantu dan berapa banyak hidup orang yang Anda ubah. Karena memang ironinya, semakin banyak orang yang Anda bantu mengubah hidupnya, Anda semakin kaya.’

Salah satu teori yang mendukung keunggulan bisnis jaringan ini adalah hukum Metcalf yang diciptakan oleh Robert Metcalf, pencipta ethernet (sebuah sistem dalam jaringan komputer). Hukum ini berbunyi: Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah Pengguna². Dalam sebuah perumpamaan yang sederhana, jika di dunia ini terdapat hanya satu buah telepon maka tidak ada nilai ekonomis pada telepon tersebut. Namun jika ada 2 telepon, menurut Hukum Metcalf nilai ekonomisnya menjadi pangkat 2. Dan bila ada telepon ketiga, maka nilai ekonomis jaringan itu sekarang. Artinya, nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut deret ukur, bukan deret hitung. Dan inilah yang menjadi kekuatan dan nilai bisnis jaringan.

Keunggulan Bisnis Jaringan

  • Sistem bisnis pemasaran jaringan adalah piramida terbalik, yang puncaknya terbuka bagi siapa saja.
  • Bisnis pemasaran jaringan membuat orang berada pada kuadran B (business owner) -kuadran tempat orang-orang ultrakaya- sekaligus juga berada pada kuadran E (employee).
  • Rancangan pendidikan pada bisnis pemasaran jaringan bagus untuk membangun karakter dan kecerdasan emosional seseorang, sekaligus juga keahlian bisnis mereka.
  • Bisnis pemasaran jaringan mendidik orang yang bergabung di dalamnya menjadi seorang pemimpin.
  • Anda didampingi mentor yang akan selalu membimbing Anda, sehingga Anda tidak akan pernah merasa sendirian dalam menjalankan bisnis ini.
  • Investasi dan resiko bisnis pemasaran jaringan lebih kecil dibandingkan membangun bisnis korporat tradisional.
  • Semakin Anda membantu diri sendiri dan membantu orang lain dalam bisnis pemasaran jaringan, maka Anda akan semakin bertambah kaya.
  • Kekuatan dan nilai bisnis jaringan selaras dengan deret ukur dan hukum Metcalf: Nilai ekonomis sebuah jaringan = Jumlah Pengguna².
  • Era Industri sudah berlalu dan aturan dunia sudah berubah. Di era informasi ini, bagi bisnis pemasaran jaringan internasional, kebangkrutan bisa menjadi berita baik sebagaimana halnya peningkatan pesat ekonomi.

Sumber:  http://en.wikipedia.org/wiki/Business_networkinghttp://solusimlm.wordpress.com/2011/05/25/kenapa-bisnis-pemasaran-jaringan-lebih-unggul/

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

1 Trackback / Pingback

  1. KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS JARINGAN – teknologishopblog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*