Bisnis Eksklusivitas (Exclusivity)

Black-The Exclusivity One IMG
Black-The Exclusivity One
Black-The Exclusivity One IMG
Black-The Exclusivity One

Bisnis eksklusivitas atau exclusivity adalah model bisnis yang dirintis perusahaan agar merek mereka mendapat tempat tersendiri di hati konsumennya. Model bisnis ini membantu menciptakan situasi kelangkaan buatan, dan memberikan daya negosiasi yang lebih tinggi untuk perusahaan dari pelanggan. Jika kita cermati produk di toko-toko pada umumnya adalah stok barang yang terdiri atas berbagai merek dalam satu atap sementara pelanggan yang ada juga beragam. Karenanya agaklah sulit memastikan sebuah produk dapat dikenal pelanggan dengan begitu saja. Memastikan bagaimana pelanggan mengenal produk sebuah perusahaan adalah sebuah tantangan tersendiri. Strategi bisnis ini mencoba mengeliminir masalah ini dengan cara membangun toko-toko eksklusif perusahaan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat strategis lainnya sehingga merek perusahaan tersebut menjadi menonjol. Praktek ini biasa dilakukan oleh merek-merek terkenal dan presuhaan yang melakukan strategi franchising.

Merek adalah perasaan pengalaman yang ingin ditinggalkan setiap perusahaan buat pelanggan. Sebuah merek yang hebat biasanya memiliki semacam kultus dan eksklusivitas adalah salah satu cara untuk mencapainya. Toko eksklusif merupakan tempat penjualan yang umumnya dirancang untuk menyampaikan tema dan filosofi dibalik toko tersebut, para staf yang direkrut kemudian dilatih untuk bertemu, menyapa dan mengarahkan sesuai image yang ingin dibangun perusahaan atas merek sebuah produk. Mengingat pengalaman pelanggan yang mengembangkan semacam loyalitas dan mereka siap untuk membayar untuk apa yang mereka dapatkan karena mereka percaya di dalamnya dan percaya pula akan kultus yang telah diciptakan perusahaan sebelumnya. Contoh terbaik dari pengkultusan produk adalah  Apple Inc sebagai sebuah merek. Namun hal ini haruslah dilakukan secara cermat sebab bagaimanapun kultus image yang dibangun harus terukur. Sebab nilai adalah apa yang pelanggan dapatkan dan harga adalah apa yang pelanggan bayar.

Bisnis eksklusivitas memungkinkan perusahaan memiliki kontrol atas pengecer (biasanya franchise). Perusahaan juga memiliki kontrol lebih pada pentahapan keluar dan memperkenalkan produk baru untuk mengurangi kanibalisme produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Franchising 

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*