Bisnis Distribusi (Distribution)

Global Distribution IMG
Global Distribution
Global Distribution IMG
Global Distribution

Bisnis distribusi atau distribution dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah suatu produk dihasilkan oleh pabrik, produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke suatu distributor. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke pengecer atau pelanggan. Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. Tiga aspek lainnya dari bauran pemasaran adalah manajemen produk, harga, dan promosi.

Tugas Distributor

  • Membeli barang dan jasa dari produsen atau pedagang yang lebih besar.
  • Mengklasifikasi barang atau memilahnya sesuai dengan jenis, ukuran, dan kualitasnya.
  • Memperkenalkan barang atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen, misalnya dengan reklame atau iklan.

Saluran dan Perantara

Distribusi produk dilakukan melalui saluran. Saluran merupakan sekumpulan organisasi independen (disebut perantara) yang terlibat dalam membuat produk yang tersedia untuk konsumsi. Pedagang perantara adalah orang yang membeli dan menjual produk. Agen dan calo adalah perantara yang bertindak atas nama produsen tetapi tidak mempunyai hak untuk memiliki produk.

Desain Saluran

Sebuah perusahaan dapat merancang sejumlah saluran. Saluran diklasifikasikan dengan jumlah perantara antara produsen dan konsumen. Sebuah saluran tingkat nol tidak memiliki perantara. Ini adalah khas dari pemasaran langsung. Saluran satu tingkat memiliki perantara tunggal. Aliran ini biasanya dari produsen ke pengecer kemudian kepada konsumen.

Jenis Distribusi

  • Distribusi intensif berarti produk produser yang ditebar di sebagian besar outlet. Strategi ini adalah umum untuk pasokan dasar, makanan ringan, majalah dan minuman ringan.
  • Distribusi selektif berarti bahwa produsen bergantung pada beberapa perantara untuk membawa produk mereka. Strategi ini biasa terlihat untuk barang yang lebih khusus yang dilakukan melalui dealer spesialis, misalnya, merek alat kerajinan, atau peralatan besar.
  • Distribusi eksklusif berarti bahwa produsen memilih sangat sedikit perantara. Distribusi eksklusif sering ditandai oleh eksklusif berurusan reseller dimana ia hanya membawa produk-produk produsen dengan mengesampingkan yang lain. Strategi ini adalah khas dari pengecer barang mewah seperti Gucci.

Mengelola Saluran

Departemen pemasaran perusahaan perlu merancang saluran yang paling cocok untuk produk perusahaan, kemudian memilih anggota saluran yang sesuai atau perantara. Perusahaan perlu untuk melatih staf perantara dan memotivasi para perantara untuk menjual produk perusahaan. Perusahaan harus memantau kinerja saluran dari waktu ke waktu dan memodifikasi saluran untuk meningkatkan kinerja.

Motivasi Saluran

Untuk memotivasi perantara perusahaan dapat menggunakan tindakan positif, seperti menawarkan margin yang lebih tinggi untuk perantara, penawaran, premi dan tunjangan untuk iklan. Di sisi lain, tindakan negatif mungkin diperlukan, seperti mengancam akan mengurangi margin, atau menahan pengiriman produk.

Konflik pada Saluran

Konflik saluran dapat muncul ketika tindakan seseorang perantara yang mencegah perantara lain untuk mencapai tujuan mereka. Konflik saluran vertikal terjadi antara tingkatan dalam saluran dan konflik saluran horisontal terjadi antara perantara pada tingkat yang sama dalam saluran.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Distribution_(business), http://id.wikipedia.org/wiki/Distribusi_(bisnis)

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*