Bisnis Biaya Rendah (Low cost)

Low Cost Airline IMG
Low Cost Airline
Low Cost Airline IMG
Low Cost Airline

Bisnis Biaya rendah atau low cost adalah bisnis yang memilih strategi memangkas beberapa atribut produk agar dapat meminimalisir biaya kemudian dapat menawarkan produk dengan harga lebih murah. Tidak ada embel-embel (no frills) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan setiap layanan atau produk dimana fitur non-esensialnya telah dihapus untuk menjaga harga rendah. Penggunaan istilah tiada embel-embel atau no frills mengacu pada gaya dekorasi kain. Sesuatu yang ditawarkan kepada pelanggan tanpa biaya tambahan dapat ditunjuk sebagai ‘embel-embel’-misalnya, bebas minuman di perjalanan penerbangan, atau radio dipasang di mobil sewaan. Tidak ada embel-embel bisnis beroperasi pada prinsip bahwa dengan menghapus atribut mewah pelanggan dapat ditawarkan harga yang lebih rendah. Produk dan jasa tanpa embel-embel antara lain maskapai penerbangan, supermarket, liburan dan vehicles.

No-frills di Perusahaan Penerbangan

Salah satu contoh yang baik tentang model bisnis low cost adalah apa yang dilakukan oleh banyak maskapai penerbangan saat ini. Umumnya perusahaan penerbangan menawarkan tarif rendah tetapi menghilangkan semua layanan penting, seperti makanan ringan minuman gratis, sistem hiburan, tempat duduk kelas bisnis dan lain-lain. Maskapai tanpa embel-embel biasanya akan memotong biaya overhead dengan terbang lebih jauh bandara (dengan biaya akses yang lebih rendah) dan dengan menggunakan salah satu jenis pesawat interior kabin pesawat dapat dilengkapi dengan kenyamanan minimal, pengeluaran dengan kemewahan seperti kursi belakang layar video, kursi reclining dan kerai, beberapa maskapai penerbangan memilih untuk menaruh iklan dalam kabin untuk meningkatkan pendapatan. Beberapa maskapai penerbangan juga memperluas definisi ‘embel-embel’ untuk memasukkan standar pelayanan dan kenyamanan, misalnya, sebuah maskapai penerbangan tanpa embel-embel mungkin mengenakan kepada penumpang biaya tambahan untuk yang membawa koper, menggunakan kursi roda atau bahkan untuk menggunakan toilet. Subtansi dari penerbangan adalah nyaman, sampai tujuan dengan selamat.

Banyak lagi kiat-kiat menekan biaya agar dapat menawarkan produk dengan tarif rendah. Selain di perusahaan penerbangan seperti yang dikemukakan diatas, di supermarket, hotel, rental, tempat hiburan dan lain-lain juga dapat mempraktekan strategi ini dengan memangkas atribut-atribut tertentu pada produk mereka agar dapat menawarkan produk dengan tarif yang rendah.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Low_cost

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*