Bisnis Berlangganan (Subscription)

bisnis subscription berlangganan IMG
Subscription
Subscription IMG
Subscription

Bisnis berlangganan atau Subscription adalah sebuah model bisnis dimana pelanggan harus membayar harga langganan untuk memiliki akses ke produk/jasa. Model ini dipelopori oleh majalah dan surat kabar, tetapi sekarang digunakan oleh banyak perusahaan dan website. Industri yang menggunakan model ini meliputi penjualan surat pesanan klub dan penjualan grup musik, televisi kabel, penyedia televisi satelit dengan saluran TV berbayar, radio satelit, perusahaan telepon, perusahaan ponsel, penyedia layanan internet termasuk webblog, penyedia perangkat lunak, penyedia solusi bisnis, jasa keuangan perusahaan, klub kebugaran, dan farmasi, serta koran-koran tradisional, majalah dan jurnal akademik.

Pembaharuan berlangganan mungkin periodik dan diaktifkan secara otomatis, sehingga biaya dari suatu periode baru akan secara otomatis dibayar oleh biaya pra-resmi ke kartu kredit atau rekening koran. Di AS, biaya kartu berulang harus diungkapkan secara tertulis kepada pemegang kartu paling sedikit 10 hari sebelum setiap tagihan.

Jenis Langganan

Ada berbagai kategori langganan:

Langganan untuk satu set tetap barang atau jasa, seperti satu salinan dari setiap penerbitan surat kabar atau majalah untuk jangka waktu tertentu.

Langganan untuk penggunaan tak terbatas dari suatu layanan atau koleksi layanan. Penggunaan mungkin pribadi dan tidak dapat dialihkan, untuk keluarga, atau dalam keadaan tertentu, untuk sekelompok memanfaatkan layanan pada satu waktu. Sebagai contoh, berlangganan bebas berkereta api oleh sebuah perusahaan mungkin tidak individual, tetapi mungkin mengizinkan seluruh karyawan perusahaan yang menggunakan layanan ini. Untuk barang dengan persediaan yang tidak terbatas dan untuk layanan mewah, langganan jenis ini jarang terjadi.

Langganan untuk akses dasar atau jasa minimal ditambah beberapa biaya tambahan tergantung pada penggunaan. Sebuah layanan telepon dasar membayar biaya yang telah ditentukan untuk digunakan bulanan tetapi mungkin memiliki biaya tambahan untuk layanan tambahan seperti panggilan jarak jauh, layanan direktori dan pay-per-panggilan jasa. Ketika pelayanan dasar yang ditawarkan free-of-charge model Bisnis ini sering disebut sebagai Freemium.

Efek pada Vendor

Bisnis ini memilki manfaat karena pelaku yakin akan aliran pendapatan dapat diprediksi dan konstan dari individu yang berlangganan selama masa perjanjian pelanggan. Hal ini tidak hanya sangat mengurangi ketidakpastian dan keberisikoan perusahaan, dan umumnya memperoleh pembayaran di muka (seperti majalah, tiket konser). Keuntungan lain adalah memungkinkan pelanggan untuk menjadi sangat melekat menggunakan layanan dan, karenanya, lebih mungkin untuk memperpanjang menandatangani perjanjian untuk periode berikutnya ketika tenggat masa perjanjian akan berakhir.

Dalam solusi perangkat lunak terintegrasi, misalnya, struktur harga berlangganan dirancang sedemikian rupa sehingga aliran pendapatan dari langganan berulang jauh lebih besar dari pendapatan dari yang sederhana satu kali pembelian. Dalam beberapa skema langganan (seperti majalah), juga meningkatkan penjualan, dengan tidak memberikan pelanggan pilihan untuk menerima atau menolak setiap masalah tertentu. Hal ini mengurangi biaya akuisisi pelanggan, dan memungkinkan personalisasi pemasaran atau pemasaran database. Namun, persyaratan dari sistem ini adalah bahwa bisnis harus ada di tempat cara, akurat handal dan tepat waktu untuk mengelola dan melacak langganan.

Dari perspektif analis pemasaran, memiliki manfaat tambahan bahwa vendor tahu jumlah anggota aktif saat ini, karena langganan biasanya melibatkan perjanjian kontrak. Manfaat tambahan mencakup nilai pelanggan seumur hidup secara rata-rata lebih tinggi (ACLV) dibandingkan dengan model bisnis tidak berulang, inersia pelanggan yang lebih besar dan basis pelanggan yang lebih berkomitmen karena transisi dari pembelian untuk opt-out keputusan, dan lebih potensial untuk upselling dan cross-selling produk lainnya atau jasa.

Efek pada Pelanggan

Konsumen mungkin menemukan kenyamanan berlangganan saat mereka percaya bahwa mereka akan membeli produk secara teratur dan bahwa mereka mungkin menghemat uang. Untuk pengiriman berulang dari produk atau layanan, pelanggan juga dapat menghemat waktu.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Subscription

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi