Alain Touraine: Dari Gerakan Sosial Hingga Subjek

Aain Touraine IMG
Aain Touraine

Alain Touraine berusaha mendefinisikan kontur-kontur dari sebuah masyarakat yang merekonsiliasikan subjek (warga) dengan kolektif, dan rasio dengan hasrat. Sebagai sebuah program yang ambisius. Alain Touraine dikenal sebagai seorang spesialis dibidang gerakan sosial, terutama gerakan buruh. Alain Touraine adalah sosiolog dan pencipta istilah “masyarakat pasca-industri” serta penemu metoda “intervensi sosiologi”.

Melalui analisis tentang transformasi kerja buruh dan produksi industri kemudian analisis tentang munculnya gerakan-gerakan sosial kontemporer Alain Touraine berusaha untuk menunjukkan bahwa masyarakat itu merupakan produk dari tindakan sosial individu-individu dan kelompok pembentuknya: jadi manusia adalah produsen dari sejarahnya sendiri.

Pria kelahiran 1925 ini adalah inspirator dan direktur sejumlah mashab sosiologi yang biasanya dijuluki sebagai “aksionalisme”. Sebagai direktur studi di Sekolah Tinggi Ilmu-Ilmu Sosial ia telah mempublikasikan begitu banyak buku yang bisa kita kalisifikasikan menurut beberapa kategori.

Buku-buku awal karya Alain Touraine mebahas tentang analisis terhadap kerja industri dan evolusi historisnya (peralihan dan mekanisasi ke otomatisasi). Ia mempelajari bentuk-bentuk mobilisasi dan kesadaran buruh terkait dengan mutasi organisasi produksi. Sejak tahun 1969 ia menyadari adanya peralihan dari masyarakat industri ke masyarakat “pascaindustri” yang didasarkan pada penguasaan pengetahuan dan informasi. Dalam bukunya “Thinking Differently” ia menyatakan semua sedang berubah. Kita telah pindah dari masyarakat industrial ke masyarakat komunikasi, atau ke masyarakat pengetahuan. Tata politik juga berubah. Dari imprealis ke hegemoni.

Dalam karya-karya teoritisnya ia mengembangkan konsepsi tentang analisis sosiologi. Konsep ini didasarkan pada dua tiang penyangga yaitu seperangkap konseptual (system tindakan/bukti historis system institusional, gerakan social, subyek dll) serta sebuah postulat yang berbunyi bahwa masyarakat merupakan produk dari tindakan social individu dan kelompok yang terorganisasi. Dokrin Alain Touraine mengakui adanya pembelokan dalam konsepsinya tentang actor atau pelaku sosial yang sudah sejak lama dianggap sebagai sebuah gerakan kolektif yang membawa “historitas” dan ini dimulai dari bukunya Le Retour de l’acteur atau Kembalinya Sang Pelaku, 1984. Lebih dianggap sebagai subjek individual yang mencari makna (arah).

Penilitian-Penilitian Empiris Tentang Berbagai Gerakan Sosial Baru

Pekerjaan ini dilakukan dibawah pimpinan CEMS (Pusat Studi Gerakan-Gerakan Sosial) dan kemudian CADIS (Pusat Analisis dan Intervensi Sosiologi) yaitu laboratorium yang didirikan Alain Touraine masing-masing pada tahun 1970 dan 1980. Tujuannya adalah untuk mengidetifikasikan dan menganalisis gerakan-gerakan sosial yang membawa bentuk-bentuk mobilisasi kolektif dan proyek masyarakat yang baru. Riset ini menampilkan intervensi sosiologis yaitu metode yang dibuat Alain Touraine dan kelompoknya yang berbentuk semacam pengamatan terlibat yang didalamnya para sosiolog membantu pelaku untuk lebih memahami signifikasi gerakan mereka. Dalam pelaksanaannya A. Touraine bekerja sama dengan F. Dubet, Z. Hegedus dan Michel Wieviorka.

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*