5 Langkah Menghindari Kesalahan dalam Karir

Up up away IMG
Up up away
Up up away IMG
Up up away

Mempertahankan status quo atau perasaan tidak perlu membuat perubahan apapun adalah salah satu dari sekian indikasi adanya ancaman terhadap eksistensi para professional itu sendiri dalam karir. Kenyataannya saat ini adalah bahwa seseorang harus selalu terbuka untuk melihat dan mencari apa yang terjadi di sekitarnya dan dalam dirinya sendiri. Menurut  Kathy Caprino jika Anda memblokir informasi penting ini dan menolak untuk memproses dan beradaptasi secara tepat untuk itu, maka akan terjadi kejutan, baik oleh perubahan dalam lingkungan profesional Anda, atau dengan pergeseran didalam diri Anda yang membawa dampak yang sangat mengganggu. Mendapatkan kejutan yang benar-benar menyakitkan dan sulit untuk pulih darinya.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kesalahan besar karir?

Kathy Caprino memberi masukan lima langkah untuk memastikan Anda akan melihat dengan jelas apa yang terjadi di sekitar dan dalam diri Anda, dan menggunakan informasi yang diterima untuk mengelola dan mengembangkan karir Anda:

1) Ingat, tidak ada di luar diri sendiri yang “aman”

Menurut Caprino banyak profesional memiliki gagasan keliru bahwa karena mereka melakukan dengan baik maka pekerjaan mereka aman. Dalam realitas ada segudang faktor penting lainnya ikut bermain, termasuk: stabilitas industri Anda, majikan Anda keuangan kesejahteraan, yang selalu bergeser daya dan dinamika kerja di perusahaan Anda, hubungan Anda dengan rekan-rekan dan manajer, dan tuntutan struktural atau organisasi yang berada di luar kendali Anda. Tidak ada yang aman — setidaknya dari semua pekerjaan-kecuali apa yang Anda pegang dan memiliki dalam diri Anda.

2) Tumbuh dan kembangkan keterampilan dan kemampuan Anda, atau Anda akan jatuh di belakang

Kesalahan lain yang orang buat adalah kukuh dengan hanya apa yang mereka ketahui yang dapat lakukan. Resep untuk memperoleh bencana menurut Kathy Caprino adalah tetap terlalu-fokus pada keahlian yang ada, menolak untuk mengembangkan diri Anda dan merangkul bakat-bakat, kemampuan, dan area focus baru. Kuncinya adalah untuk terus memperluas toolbox profesional Anda, tidak hanya tinggal diam. Dunia bisnis berubah dengan kecepatan cahaya, dan kita perlu menjaga diri kita saat ini, beradaptasi dan terbuka untuk perubahan.

3) Mengidentifikasi apa yang majikan inginkan dari Anda

Menurut Caprino Individu bekerja saat ini sering berpikir tentang apa yang mereka inginkan dari pekerjaan, dan tentang apa utang budi majikan kepada mereka. Anda perlu mengidentifikasi secara spesifik dan konkret apa yang majikan Anda dan manajer inginkan dari Anda – perilaku, kinerja-bijaksana, dan dalam hal hubungan Anda dengan orang lain, potensi kepemimpinan Anda dan dalam jangka panjang tentang kontribusi Anda. Jika Anda tidak bersedia atau mampu memberikan apa yang mereka inginkan, akan ada perubahan yang dilakukan, dan kemungkinan besar Anda tidak akan bersama mereka.

4) Jaga hubungan profesional Anda secara positif

Berikut ini adalah tips penting dari Kathy Caprino — jika Anda tidak bergaul dengan orang-orang, pekerjaan dan karir berada dalam bahaya, tidak peduli seberapa baik Anda potensi keberhasilan Anda dan nilai sebagai seorang profesional secara langsung berkorelasi dengan seberapa baik Anda terlibat, menginspirasi, dan berhubungan dengan orang lain. Jika Anda membenci orang-orang yang bekerja dengan Anda, mereka pada akhirnya membenci Anda kembali, dan saling menghina bukanlah suatu kondisi yang akan membuat Anda dalam manfaat yang baik di tempat kerja. Jika hubungan profesional Anda menderita, segera perbaiki hari ini juga.

5) Jika Anda tidak puas, lakukan perubahan

Akhirnya, jika Anda tidak puas di tempat kerja, Anda harus membuat perubahan sekarang. Kathy Caprino tidak menyarankan bahwa Anda melompat kapal tanpa pekerjaan lain. Kebanyakan orang berpegangan pekerjaan mereka sebagai pegangan perekonomian karena takut tidak bisa menemukan yang lain. Jika hal ini menggambarkan Anda, saran Caprino  yang terbaik adalah untuk menjaga pekerjaan Anda untuk sementara waktu, tetapi cobalah untuk membuat yang terbaik yang Anda bisa dalam proses.

Mengatasi tantangan Anda, ketakutan, kegelisahan, dan masalah sebelum Anda mendapatkan pekerjaan baru atau memulai karir baru. Jika tidak, masalah akan mengikuti Anda dalam tahap berikutnya dalam hidup dan pekerjaan. Lakukan apa yang Anda dapat pertahankan, sementara menanam benih untuk visi masa depan karir. Jangan menunggu. Wawancara, jaringan, menjangkau mantan rekan, belajar keterampilan baru, mendapatkan rekomendasi yang besar di LinkedIn – memahami nilai Anda di pasar, dan menjadi partisipan aktif dalam manajemen karir Anda. Jangan hanya duduk dan menunggu seorang untuk menghubungi Anda. Demikian  Caprino memberi saran akhir di artikelnya.

Apa situasi Anda yang memberitahu Anda tentang apa yang perlu berubah?

Sumber: http://www.forbes.com/sites/kathycaprino/2012/01/19/the-worst-career-blunder-you-can-make/

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*