23 Alasan 1 dari 2 Perusahaan Memiliki Blog Pada Tahun 2012

Search-Visibility IMG
Search-Visibility
Search-Visibility IMG
Search-Visibility

Menurut hasil studi, 1 dari 2 perusahaan atau 44% dari perusahaan akan memiliki blog atau web blog pada tahun 2012.

Berikut adalah mengapa 23 alasan itu ada dalam rencana bisnis perusahaan.

Optimasi Web Traffic dan Mesin Pencari:

  1. Web Traffic: 55% dari perusahaan melaporkan makin meningkatnya lalu lintas ke situs Web atau blog mereka (sumber: Hubspot).
  2. Peringkat Pencarian (Search) yang Tinggi: 97% blog menerima link lebih banyak dari situs-situs lain yang merupakan faktor utama untuk meningkatkan peringkat pencarian. Algoritma Google lebih mungkin untuk mengenali perusahaan sebagai suatu “Authority” dan ini adalah kriteria utama mereka untuk menentukan peringkat pencarian (sumber: Hubspot).
  3. Link-Link Berkualitas : Link dari blog sebuah perusahaan diakui sebagai link berkualitas oleh mesin pencari dan merupakan bagian integral dari setiap program pencarian oleh para ahli SEO (Sumber: SEOmoz).
  4. Efektivitas Biaya: Selain berkualitas tinggi, link dari blog adalah pengeluaran biaya yang efisien, karena tidak ada biaya saat berkomentar di blog dan membalas kembali. Atau integrasi antar blog dan pelanggan tak memakan biaya, dibanding perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk iklan di media jenis lain.
  5. Identifikasi Kata Kunci (Keyword): Kata kunci dari perusahaan, terutama di headline dan paragraf pertama blog, mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa konten terus-menerus diperbarui dan website yang dikelola selalu dinamis.
  6. Berpeluang Besar Muncul di Mesin Pencari: Perusahaan dengan blog lebih berpeluang diindeks halaman mesin pencari, sekitar 434% peluangnya di mesin pencari (sumber: Hubspot)

Kurasi Konten:

  1. Email: Blog dapat memfungsikan email. Dengan cara ini perusahaan menjangkau konsumennya secara lebih luas.
  2. Ebooks: Di blog perusahaan dapat menyediakan e-book guna lebih menarik perhatian pengunjung.
  3. Webinar: Blog dapat menyediakan fasilitas chat sehingga perusahaan bisa lebih interaktif dengan konsumen.
  4. Facebook: Konten kunci dalam sebuah blog dapat dibagikan sebagai posting Facebook yang relevan.
  5. Twitter “microblogs”: Manfaat utama Twitter adalah menjadi platform microblogging dengan menggunakan link singkat. Karena itu blog perusahaan dapat menyebarkan idenya via twitter. Dengan kata lain twitter itu sendiri dapat dimanfaatkan dengan semestinya apabila perusahaan memiliki sebuah blog.
  6. LinkedIn: Dalam kotak status perusahaan, orang dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan.

Berbungan dengan sesama Blogger dan Melakukan Advokasi:

  1. Share Konten: Ingin membangun hubungan dengan para pemimpin industri? Dengan blog perusahaan dapat mengukur kualitas antar perusahaan sehingga dapat berbagi pemikiran yang terbaik bagi kemajuan usaha.
  2. Postingan Tamu: Pemimpin industri yang nota bene unggul dibidangnya dapat diundang sebagai blogger tamu di blog perusahaan.
  3. Mendaftar ke Technorati: Technorati memberikan skor kepada blog dan postingan. Skornya antara 0-1000 dan itu merupakan jumlah link dalam enam bulan terakhir. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan blogger yang paling relevan untuk kategori perusahaan. Bisa dimanfaatkan pula oleh perusahaan sebagai pembanding terhadap perusahaan dengan kategori yang sama.
  4. Metrik Bersaing Web Traffic: Dengan adanya blog, perusahaan  dapat mengukur lalu lintas web blog. Juga memungkinkan perusahaan melihat trend untuk satu tahun kedepan atau lebih.
  5. Pengukuran oleh Alexa: Alexa memungkinkan perusahaan melihat demografi pengunjung, kata kunci dan situs yang sebenarnya yang memiliki pranala ke website atau blog perusahaan.

1-ke-1 Hubungan:

  1. Mendengarkan Pelanggan: Survey menunjukkan 75% dari pelanggan mengirim komentar di blog sebuah perusahaan tentang produk dan layanan pelanggan; blog menggunakan 88% untuk penelitian dan browsing dan klik% 91 melalui website perusahaan (sumber: Shop.org)
  2. Membangun Hubungan Langsung: Yang dibutuhkan adalah komentar dan balasan untuk mengambil langkah berikutnya dan memiliki hubungan 1-ke-1. Orang ingin melakukan bisnis dengan orang yang mereka kenal.
  3. Menjual Langsung: Dengan sertifikat SSL dan account PayPal, Perusahaan dapat menjual produk dan layanan langsung dari blog.

Return On Investment (ROI):

  1. Pelanggan dan Blog Perusahaan: 75% pelanggan membaca setidaknya dalam satu hari (sumber: Sherpa).
  2. Pengaruh Blog dan Keputusan Pembelian: 75% mengatakan keputusan pembelian karena efek blog, baik agak atau sangat banyak (sumber: Sherpa).

Kepercayaan:

Sumber Paling Terpercaya Datang dari Media Sosial: 64% orang percaya informasi dari sebuah blog. Artinya, jika blog ini ditulis oleh orang di perusahaan. Orang ingin melakukan bisnis dengan orang yang mereka kenal (sumber: eMarketer).

“Apakah sebuah blog ada dalam rencana bisnis perusahaan Anda untuk 2012? Kalau ada alasan mengapa tidak? Ga punya blog? Ndeso! kata mas Tukul”

Sumber: http://barnraisersllc.com

Share it...

Facebooktwittergoogle_plusredditlinkedintumblr
About Ferry Roen 244 Articles
Tertarik membahas teori dan perilaku organisasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*