Jean-Michel Berthelot IMG

Enam Langkah dalam Ilmu-Ilmu Humaniora

October 8, 2011 Ferry Roen 2

Bagaimana menjelaskan berbagai fenomena seperti turunnya angka kesuburan, pengangguran, atau masalah-masalah psikis? Untuk menjawab pertanyaan ini Jean-Michel Berthelot telah mengemukakan enam langkah “skema cara pemahaman secara mudah” bagi ilmu-ilmu pengetahuan sosial. Dalam realitas penelitian cara analisis ini saling mempengaruhi.

Norberth Elias IMG

Norbert Elias: Rasa Malu, Kesopanan dan Peradaban

October 8, 2011 Ferry Roen 6

Sikap malu dan cara-cara bersikap yang ‘pas’ lainnya menurut Norbert Elias merupakan tanda-tanda kasat mata proses peradaban yang ditunjukkan Eropa secara jelas sejak masa renaissance. Namun apakah keterampilan menguasai diri tersebut betul-betul warisan manusia modern?

Francesco Alberoni IMG

Francesco Alberoni: Menyelidiki Sexualitas Pria dan Wanita

October 4, 2011 Ferry Roen 0

Francesco Alberoni adalah seorang sosiolog dengan ciri khusus sehingga hanya sedikit koleganya yang mengenalinya sebagai bagian dari kelompok mereka. Ia mengajar sosiologi di Milan dan membangun kariernya dengan mempelajari pergerakan kolektif dari institusi-institusi, sekalipun demikian publik mengenalinya lewat beberapa kronik yang membahas nafsu/keinginan manusia dan dipublikasikan dalam La Republica serta Corriere della Sera.

Sabino Acquaviva IMG

Sabino Acquaviva: Kematian dan Pengalaman Religius

October 4, 2011 Ferry Roen 0

Sabino Acquaviva adalah seorang dosen sosiologi di Universitas Padoue sudah lama tertarik dengan studi tentang agama. Risetnya ditujukan untuk mengolah sebuah model yang bisa diterima secara luas dan memberi dasar umum untuk mempelajari pokok permasalahan tersebut. Menurut sang penulis studi tentang agama telah mengalami evolusi pada tahun-tahun terakhir ini. Kalau dulu orang mengukur persebaran sentimen keagamaan dengan mempergunakan frekwensi partisipasi orang dalam ritus-ritus pemujaan (kepada Tuhan), namun kini secara progresif perhatian para ilmuan berorientasi pada bukti adanya “pengalaman religius” berdasarkan observasi terhadap perilaku subjektif.

Mazhab Frankfurt IMG

Mazhab Frankfurt

October 2, 2011 Ferry Roen 2

Mazhab Frankfurt ialah sebuah nama yang diberikan kepada kelompok filsuf yang memiliki afiliasi dengan Institut Penelitian Sosial di Frankfurt, Jerman, dan pemikir-pemikir lainnya yang dipengaruhi oleh mereka. Tahun yang dianggap sebagai tahun kemulaian Mazhab Frankfurt ini adalah tahun 1930, ketika Max Horkheimer diangkat sebagai direktur lembaga riset sosial tersebut. Beberapa filsuf terkenal yang dianggap sebagai anggota Mazhab Frankfurt ini antara lain Theodor Adorno, Walter Benjamin, dan Jürgen Habermas. Perlu diingat bahwa para pemikir ini tidak pernah mendefinisikan diri mereka sendiri di dalam sebuah kelompok atau ‘mazhab’, dan bahwa penamaan ini diberikan secara retrospektif.

Albert O. Hirscman IMG

Albert O. Hirschman: Seorang Sosio Ekonom Yang ‘Menyeleweng’

October 1, 2011 Ferry Roen 0

Dari analisis-analisis tentang pembangunan hingga yang membahas tentang “keinginan dan minat” yang menjadi panduan dalam bidang ekonomi menjadikan setiap analisis A. O. Hirschman menjadi “klasik”. Bagi sang pakar teori ini, pemikiran tentang ekonomi tidak mungkin berada di luar institusi, nilai-nilai, alasan yang tersembunyi dan berbagai konflik yang terjalin di antara berbagai sektor sosial.