Linda Smircich IMG

Linda Smircich: Simbolisme Keorganisasian (Organizational Symbolism)

September 30, 2011 Ferry Roen 0

Linda Smircich, penulis buku Concept Of Culture And Organizational Analysis, Administrative Science Quarterly adalah seorang yang memiliki kontribusi terhadap pengembangan teori organisasi dari sisi analisa budaya. Smircich melihat ejak tahun 1980an terjadi pergeseran dalam cara memandang organisasi dari memandang organisasi semata-mata sebagai living system ke organisasi sebagai budaya (lihat: Smircich, 1983).

Karl Weick IMG

Karl E. Weick: Teori Enactment

September 27, 2011 Ferry Roen 5

Karl E. Weick menggunakan istilah ini untuk menunjukkan gagasan bahwa fenomena tertentu (seperti organisasi) diciptakan oleh yang apa dibicarakan atau aktivitas komunikasi. Karl E. Weick secara luas dianggap sebagai salah satu pemikir paling berpengaruh dalam generasinya bidang studi organisasi. Melalui presentasi dan tulisan-tulisannya, ia telah sangat mempengaruhi bagaimana teori organisasi dipelajari dan diajarkan.

Idea IMG

Paradigma Teori Organisasi

September 27, 2011 Ferry Roen 0

Paradigma adalah seperangkat andaian/asumsi yang tersurat maupun tersirat tentang fenomena/gejala yang menjadi landasan bagi gagasan-gagasan analisis keilmuan (Philips, 1971).

Teori adalah pendapat yang dikumpulkan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa. Teori adalah suatu set hipotesis yang saling berkaitan atau pernyataan mengenai suatu gejala atau satu set gejala (Shaw dan Constanzo, 1970).

Organisasi adalah hubungan pekerjaan antara manusia yang satu dengan yang lainbdalam suatu kelompok demi terwujudnya pekerjaan tersebut (Olan Hendrick, 1985). Organisasi adalah kolektivitas yang dibentuk secara sadar dengan tujuan formal yang berusaha dicapai secara bersama. Organisasi adalah kerjasama diantara manusia yang memiliki keyakinan, keterlibatan dan tujuan bersama (Barnard, 1938). Organisasi adalah sekelompok manusia yang berinteraksi … dalam kelompok yang besar mereka memiliki sistem koordinasi … spesifikasi yang jelas dalam struktur dan koordinasi (March dan Simon, 1958). Organisasi adalah unit sosial atau kelompok yang secara sadar mengkonstruksi dan merekonstruksi dalam mencapai tujuan (Etsioni, 1964).

Teori organisasi menurut Robbins (1994) adalah teori yang mengkaji struktur, fungsi dan performansi organisasi beserta perilaku kelompok dan individu didalamnya, dalam mencapai tujuan yang luas dan rumit. Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat di identifikasikan yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Harold Garfinkel IMG

Harold Garfinkel: Ethnometodology

September 26, 2011 Ferry Roen 3

Harold Garfinkel (29 Oktober 1917 – April 21, 2011) adalah seorang Profesor Emeritus di University of California, Los Angeles. Dia dikenal karena membangun dan mengembangkan teori ini. Dalam bukunya Studies in Ethnomethodology (1984), untuk pertama kali di tahun 1967, sebuah pendekatan baru yang berbeda dari pendekatan sosiaologi biasa. Studies in Ethnomethodology terbit pada priode revolusi ilmu-ilmu sosial yang ‘kacau’, dan selama waktu-waktu itu , dominasi paradigma fungsional-struktural Parsons yang menjadi standar sosiologi sebelumnya masih berdiri tegak. Konsekuensi yang tidak menyenangkan adalah ethnometodologi di pahami sebagai “metode tanpa substansi”(Coser: 1975) Lewis Coser, sebagai Ketua Perhimpunan Sosiologi Amerika sampai menuduh etnometodologi mirip sebagai sebuah sekte daripada ranah ilmiah.. Namun Garfinkel, sudah mendeklarasikan sebelumnya kalau dari istilah `ethnometodologi` inilah akan tersusun sebuah prinsip yang akan membentuk jalan hidupnya sendiri. (Garfinkel:1974,hal.18).

Perkembangan etnometodologi sebenarnya relatif baru bila dibandingkan dengan pendekatan struktural fungsional dan interaksionis-simbolis yang sudah mapan. Pendekatan etnometodologi memiliki ragam yang berbeda, karena subject matternya adalah berbagai jenis perilaku dalam kehidupan sehari-hari sehingga banyak muncul kajian lanjutan sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Etnometodologi dengan analisis percakapannya tidak dapat dipungkiri juga memberi pengaruh yang besar dalam agenda penelitian komunikasi. Khususnya menyangkut konsep percakapan sebagai suatu bentuk interaksi.

Pierre Bourdieu IMG

Pierre Bourdieu: Di Balik Panggung Dominasi

September 23, 2011 Ferry Roen 2

Dengan mengamati berbagai jenis arena (misalnya para petani Aljasair, kalangan universitas, para majikan, buruh, wartawan, dsb) dan dengan mempersiapkan sebuah perangkat konseptual yang kaya, Pierre Bourdieu membongkar mekanisme dominasi sosial.

Empirisme IMG

Empirisme

September 23, 2011 Ferry Roen 1

Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Empirisme menolak anggapan bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya ketika dilahirkan. Empirisme lahir di Inggris dengan tiga eksponennya adalah David Hume, George Berkeley dan John Locke.

Ecology IMG

Materialisme

September 23, 2011 Ferry Roen 2

Materialisme, juga disebut fisikalisme, dalam filsafat, pandangan bahwa semua fakta (termasuk fakta-fakta tentang manusia pikiran dan akan dan jalannya sejarah manusia) adalah kausal tergantung pada proses fisik, atau bahkan direduksi kepada mereka.

No Picture

Strukturalisme

September 23, 2011 Ferry Roen 0

Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudyaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap.Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970, khususnya terjadi di Perancis.Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan.Trend metodologis yang menyetapkan riset sebagai tugas menyingkapkan struktur objek-objek ini dikembangkan olerh para ahli humaniora.Struktualisme berkembang pada abad 20, muncul sebagai reaksi terhadap evolusionisme positivis dengan menggunakan metode-metode riset struktural yang dihasilkan oleh matematika, fisika dan ilmu-ilmu lain.